Ketua MPR Ingatkan Polri Petakan Jaringan Kelompok Kejahatan

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan aparat kepolisian perlu memetakan jaringan kelompok kejahatan khususnya di daerah yang menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengantisipasi terjadi kejahatan.

“Jaringan kelompok kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan serta pencurian dengan pemberatan di setiap wilayah, khususnya di wilayah yang menerapkan kebijakan PSBB dengan melakukan patroli secara rutin, agar dapat mencegah dan meminimalisir tingkat kejahatan juga untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,” kata Bamsoet dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (20/04/2020)

Baca Juga:  Pemkab Bandung Barat Kebut Swab Test 3.000 ASN Hingga Akhir Agustus

Dia juga meminta aparat kepolisian terus melakukan langkah-langkah pencegahan dan penyelidikan kriminalitas serta melakukan tindakan tegas terukur terhadap para pelaku kejahatan yang memanfaatkan momen situasi pandemi COVID-19.

Baca Juga:  Youtube Jajal Fitur Baru Video Pendek, Bisa 15 Detik Mirip Tiktok

Bamsoet menilai aparat kepolisian dapat melaksanakan tugas pengamanan dengan baik, selain ditugaskan untuk membantu percepatan penanganan dampak COVID-19.

“Hal itu mengingat meningkatnya tindak kejahatan pencurian, perampokan dan pembegalan yang menimbulkan keresahan di masyarakat,” ujarnya pula.

Baca Juga:  Angka Kriminalitas Alami Penurunan, Begini Kata Polri

Politisi Partai Golkar itu, juga meminta masyarakat dapat berpartisipasi aktif membantu kepolisian dengan melaporkan jika ada kejahatan ke setiap layanan pengaduan masyarakat.

Selain itu, menurut dia, masyarakat harus tetap disiplin berada di rumah dan mematuhi kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 makin meluas. (Ara)