Hari Ini Pemulung Hingga Ojol Akan Dapat Bansos dari Pemkab Bekasi

JABARNEWS | BEKASI – Membantu masyarakat yang terkena dampak akibat penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai mendistribusikan bantuan kepada masyarakat di wilayahnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Abdillah Majid di Cikarang, Selasa mengatakan paket bantuan yang bersumber dari pemerintah daerah itu seluruhnya ditempatkan di Markas Kodim 0509 Kabupaten Bekasi untuk memudahkan pendistribusian.

“Pemkab Bekasi menyalurkan 152.000 paket bantuan sosial kepada warga terdampak Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Rencananya akan dilakukan secara berkala kepada warga mulai hari ini,” jelasnya. Selasa (21/4/2020).

Baca Juga:  Soal Temuan BPK, Ahmad Syaikhu Pertanyakan Kinerja Tiga Kementerian

Dia mengatakan pembagian paket bantuan yang dilakukan secara bertahap itu mengingat proses pengemasan yang juga sedang dikerjakan.

“Pendistribusian pertama sebanyak 5.000 paket dari total 152.000 paket bantuan logistik yang akan didistribusikan ke setiap kecamatan,” katanya.

“Sambil kita mengemas paketannya. Kita masih terus upayakan selesai semua dalam waktu dekat karena ada sedikit kendala dengan pengiriman tiap jenis barang yang tidak sama sampainya,” imbuhnya.

Abdillah menyatakan paket bantuan pemerintah daerah ini akan diberikan kepada warga Kabupaten Bekasi yang terdampak secara ekonomi khususnya para pekerja informal.

Baca Juga:  Ternyata, Rumah yang Dijadikan Pabrik Narkoba Aset Pemkot Bandung

“Jenis bantuan dari Pemkab Bekasi ini akan dialokasikan kepada para pekerja informal seperti pemulung, ojek online dan pangkalan, kuli bangunan, pemilik toko kelontong dan pekerja informal sejenis,” ucapnya.

Abdillah berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh warga yang saat ini tengah menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan tujuan mampu memutus rantai penyebaran COVID-19.

Baca Juga:  Rumah Ditinggal Mudik, Uang 1,2 Miliar Raib Digasak Maling

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah kepada warganya selama penerapan PSBB kali ini. Semoga pandemi ini segera berakhir dan seluruh warga Kabupaten Bekasi selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini,” kata dia.

Proses pendistribusiannya dilakukan oleh pihak kecamatan setelah mereka mengambil langsung ke posko singgah bantuan di Kodim 0509. Selanjutnya pihak kecamatan meneruskan penyaluran bantuan ke setiap desa dengan bantuan petugas kepolisian dan TNI setempat. (Red)