aqua

Mengenang RA Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Berita tentang Kartini menjadi trending topic di mesin pencari Google dan Twitter wilayah Indonesia.

RA Kartini. (Foto: Museum Indonesia)

JABARNEWS | BANDUNG - Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Hari ini, Selasa (21/4/2020), bertepatan dengan Hari Kartini, berita tentang Kartini menjadi trending topic di mesin pencari Google dan Twitter wilayah Indonesia.

Siapa yang tak mengenal sosok Raden Adjeng Kartini? Seorang pejuang emansipasi wanita yang menginspirasi para peremuan, khususnya di Indonesia. 141 tahun lalu, tepatnya pada 21 April 1879 di Kota Jepara, Kartini lahir dan dikenal sebagai putri dari keluarga bangsawan.

Baca Juga:

Depok Run 10K Kembali Dihelat dalam Memperingati Hari Pahlawan

Emil: Perjuangan KH. Zainal Mustafa Sampai Kapanpun Harus Kita pertahankan



Kartini adalah Pahlawan Nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Dengan kegigihannya, RA Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan bisa sejajar dengan pria.

RA Kartini, salah satu pahlawan wanita Indonesia yang rela berjuang demi rakyat saat masa penjajahan. Beliau dikenang sebagai wanita terdidik yang memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang lebih dikenal dengan nama RA Kartini memiliki harapan atas kesamaan gender pada waktu itu. Karena dahulu, wanita tidak dihargai sehingga tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Dimana wanita hanya ditugaskan untuk mengurus suami, anak dan memasak di rumah.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : RA Kartini Pahlawan Nasional Presiden Soekarnao Hari Kartini Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Ridwan Kamil Hadiri Tasyakur Ponpes Sukamanah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi