Mengenang RA Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Hari ini, Selasa (21/4/2020), bertepatan dengan Hari Kartini, berita tentang Kartini menjadi trending topic di mesin pencari Google dan Twitter wilayah Indonesia.

Siapa yang tak mengenal sosok Raden Adjeng Kartini? Seorang pejuang emansipasi wanita yang menginspirasi para peremuan, khususnya di Indonesia. 141 tahun lalu, tepatnya pada 21 April 1879 di Kota Jepara, Kartini lahir dan dikenal sebagai putri dari keluarga bangsawan.

Baca Juga:  IPO Sarankan Pilkada Tetap Digelar Di Tahun 2020

Kartini adalah Pahlawan Nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Dengan kegigihannya, RA Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan bisa sejajar dengan pria.

RA Kartini, salah satu pahlawan wanita Indonesia yang rela berjuang demi rakyat saat masa penjajahan. Beliau dikenang sebagai wanita terdidik yang memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Baca Juga:  Simak, Ini Macam KB dan Masing-masing Risikonya

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang lebih dikenal dengan nama RA Kartini memiliki harapan atas kesamaan gender pada waktu itu. Karena dahulu, wanita tidak dihargai sehingga tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Dimana wanita hanya ditugaskan untuk mengurus suami, anak dan memasak di rumah.

Baca Juga:  Kemenag Temukan Sejumlah Masjid Belum Jalankan Protokol Kesehatan

Pemikiran Kartini merubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan Jawa. Tidak hanya itu, beliau juga menjadi inspirasi bagi tokoh kebangkitan nasional Indonesia. hingga dibuatkannya lagu Ibu Kita Kartini oleh W.R Soepratman.

Pada tanggal 2 Mei 1964, Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan yang berisi penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Juga menetapkan tanggal 21 April menjadi Hari Kartini. (Red)