Anggota Gabungan Lakukan Simulasi Pemusalaran Jenazah Covid-19 Di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Sebagai upaya penanganan jenazah Covid-19, Polres Ciamis beserta Dandim 0613 Ciamis melakukan sumulasi pemusalaran jenazah pasien positif Covid-19 di halaman Polres Ciamis, Rabu (22/4/2020).

“Simulasi yang dilakukan jajaran anggota gabungan itu, anggota diberikan pemahaman protap penanganan jenazah pasien Covid-19 hingga sampai penguburan jenazah,” kata Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, Rabu (22/4/2020).

Baca Juga:  Dear Ortu, Jangan Lewatkan Jadwal Tayang Belajar dari Rumah Lewat TVRI

Ia menambahkan, para anggota yang terlibat dalam simulasi itu lengkap memakai alat pelinding diri (APD), setelah memahami dalam latihan itu, kata dia, mereka akan diterjunkan sebagai tenaga cadangan dalam penanganan jenazah Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Arm. Tri Arto Subagio mengatakan bahwa simulasi tersebut merupakan tindak lanjut intruksi Panglima dalam mengawal jenazah Covid-19

Baca Juga:  Kapolri Tekankan Pentingnya Perlindungan dan Pencegahan Penyelundupan PMI

“Dengan aspek keterbatasan tenaga pemusalaran bagi pemakaman jenazah Covid-19, anggota kami siap terjun untuk membantu, oleh sebab itu kita godok anggota kita supaya paham dalam protap pemusalaran jenazah Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga:  Beredar Isu Bupati Sergai Terpapar Covid-19, Hasil Test Swab Tunjukan Ini

Pantauan Jabarnews.com, kegiatan simulasi tersebut disaksikan langsung oleh Kapolres Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Ketua DPRD Ciamis dan Perwakilan Pemkab Ciamis.

Simulasi tersebut dimulai dari tata cara mengangkat jenazah di Jalan, hingga menaikannya ke sebuah kendaraan ambulance dan tata pemusalaran jenazah Covid-19. (Tny)