Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Prediksi dari BIN

JABARNEWS | BANDUNG –  Sudah hampir satu bulan masyarakat dianjurkan berdiam diri di rumah. Sejumlah daerah memberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Masyarakat pun bertanya, kapan pandemi corona ini berakhir?

Badan Inteljen Negara (BIN) meyakini pandemi COVID-19 akan memasuki fase ringan di bulan Juli mendatang. Namun untuk menuju pada penuntasan pencegahan virus corona ini semua pihak harus bersatu memerangi COVID-19.

“Kami yakin jika dilakukan bersama, insya Allah Juli sudah masuk pada fase yang ringan. Kami semua mohon doanya. Kami yakin penanganan bersama-sama ini membuat wabah COVID-19 ini bisa teratasi dengan baik,” ujar Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan dalam keterangan pers tertulisnya, Rabu (22/4/2020).

Baca Juga:  Efek Corona, Mahasiswa Unas Demo Tuntut Ringankan Uang Kuliah

Budi menyampaikan hal tersebut dalam acara deklarasi semangat gotong royong dan mendukung Pemerintah menyelamatkan bangsa melawan COVID-19, turut dihadiri Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 pimpinan Sandiaga Uno, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat, dengan bersatu melawan penyebaran pandemi.

Baca Juga:  Kabupaten Bekasi Catat Kasus Kematian Akibat Covid-19 Tambah 9 Orang

Budi mengaku optimistis dengan banyaknya relawan yang turun tangan, termasuk Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, akan mempercepat penanganan pandemi tersebut.

“Gerakan gotong royong dan bahu-membahu akan membuat penanganan wabah ini semakin cepat teratasi. Kita lihat mereka sudah ada di seluruh nusantara dan berada di wilayah zona merah penyebaran wabah COVID-19,” kata dia lagi.

Lebih lanjut mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia ini menambahkan, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 telah melakukan langkah konkret dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah, salah satunya dengan melakukan 10 ribu rapid test yang digelar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga:  Ingin Pastikan Legalitas IMEI Ponsel? Coba Cara Ini

Selain itu, para relawan juga melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah-wilayah yang telah ditetapkan sebagai zona merah, serta memberikan bantuan berupa laboratorium mobile di wilayah-wilayah tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Pak Sandiaga dan seluruh rekan-rekan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 atas deklarasinya. Sekali lagi, selamat dan terima kasih telah bergabung ke pemerintah,” ujar Budi pula.  (Red)