KNPI Purwakarta Lakukan Donor Darah serta Bagikan Masker Gratis

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk membantu ketersediaan stok darah, pengurus dan anggota DPD KNPI Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan donor darah di kantor PMI Purwakarta, Kamis (23/4/2020).

Ketua DPD KNPI Purwakarta Asep Supriatna mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari pihak PMI, biasanya di pertengahan bulan Ramadan stok darah selalu menipis.

Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif untuk membantu ketersediaan stok darah melalui aksi donor darah.

“Ini untuk menghindari terjadinya kelangkaan stok darah di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19) dan saat bulan Ramadan,” kata Asep saat ditemui di kantor PMI Purwakarta, Kamis (23/4/2020).

Baca Juga:  Tunjukan Permainan Keras di Uji Coba Lawan Persib, Tira Persikabo Bilang Begini

Asep menjelaskan, aksi donor darah keluarga besar KNPI Purwakarta dilakukan secara bertahap guna menerapkan protokol kesehatan Covid-19 untuk menghindari adanya kerumunan massa.

Di hari ini, setidaknya ada 25 kantong darah yang berhasil dikumpulkan. Selain untuk membantu warga yang membutuhkan darah, donor darah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh si pendonor itu sendiri.

Baca Juga:  Pecinta Baso? Wajib Hadiri Festival Baso Juara 2018 Minggu ini

“Kita dari keluarga besar KNPI Purwakarta siap membantu PMI Purwakarta untuk memenuhi kebutuhan darah, kapan pun dibutuhkan, kita siap melakukan donor darah,” ujar Asep.

Usai melakukan donor darah, pihak KNPI Purwakarta juga melaksanakan pembagian masker gratis kepada masyarakat dan pengguna jalan.

Aksi tersebut dilakukan dibeberapa lokasi dengan jumlah masker yang dibagikan sebanyak 2000 masker.

“Pembagian masker gratis ini juga menindaklanjuti imbauan dari Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang meminta masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala BKPSDM Purwakarta tersebut.

Baca Juga:  Setda KBB Ingatkan Batas Waktu Pengumuman RUP Tahun Anggaran 2021

Jelang bulan Ramadan, Asep mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan agar berbagai pelaksanaan ibadah di Bulan Suci tahun ini bisa dilakukan, kendati di tengah suasana pandemi Covid-19.

“Jalankan imbauan dari pemerintah untuk terus menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Asep. (Zal)