Dinas KUPP Purwakarta Bagikan Ribuan Masker Untuk Pedagang Pasar

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, berbagai upaya pencegahan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

Melalui Dinas Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (KUPP) Purwakarta, para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta dibagikan alat pelindung diri (APD) berupa masker. Hal ini untuk memastikan pedagang maupun pembeli dalam bertransaksi jual beli aman dari penyebaran Covid-19.

“Ini salah satu upaya kami mencegah jangan sampai penyebaran Covid-19. Maka pedagang diwajibkan memakai masker sebab berhadapan langsung dengan semua pembeli yang ada. Kita siapkan 1.600 masker yang dibagikan untuk pedagang di pasar Leuwipanjang dan pasar jumaah, pasar rebo dan pasar citeko,” ungkap Kepala Dinas Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (KUPP) Purwakarta, Karliati Djuanda. Pada Kamis (23/4/2020).

Baca Juga:  Ini Penjelasan Kemlu Soal Putra Sulung Ridwan Kamil Tenggelam di Sungai Aare Swiss

Langkah ini juga, lanjut dia, sebagai bagian dari penerapan wajib masker bagi semua warga Purwakrta termasuk pedagang sebagaimana surat edaran Bupati Purwakarta.

Maka dari itu, tambah dia, pedagang wajib pakai sekarang ketika berjualan. Sebab menjadi kebutuhan yang penting.

Baca Juga:  Marc Klok Tunggu Kepastian Liga 1 Bergulir

“Pasar selama ini menjadi simpul kerumunan masyarakat. Atas dasar itu, di masa pandemi covid-19 ini, kamk terus menyiapkan upaya pencegahan. Supaya penyebaran virus corona bisa diantisipasi,” imbuh Karliati.

Dia berpendapat, penyebaran virus, termasuk corona bisa dicegah. Salah satunya, dengan membiasakan menggunakan masker dan meningkatkan kesadaran mengenai pola hidup bersih dan sehat.

“Selain itu kami juga telah memasang imbauan yang berisi perhatian supaya masyarakat yang datang ke pasar, itu wajib cuci tangan,” tuturnya.

Baca Juga:  Ini Komitmen Pengurus ESI Kota Bandung Usai Dilantik

Dalam hal ini, pihaknya juga telah meminta seluruh perangkat di UPTD masing-masing pasar untuk terus mengampanyekan PHBS, supaya para pedagang pun bisa lebih meningkatkan kebersihan di lingkungan pasar.

“Selain sudah ada tempat cuci tangan, kami juga telah membagikan masker ke seluruh pedang pasar. Hal inj Supaya tercipta rasa aman bagi pedagang dan pembeli yang ada di pasar,” jelasnya. (Gin)