Hari ini Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1441 H Digelar Online

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1441 H pada 23 April 2020 yang akan dilaksanakan secara daring (online).

“Ini untuk menjaga physical distance pada masa darurat Covid-19 yang tengah kita hadapi bersama,” jelas Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Baca Juga:  TV Analog Resmi Dihentikan, Mahfud MD: Warga Miskin Dapat Gratis Set Top Box

Kamaruddin menjelaskan, tempat utama sidang akan berlangsung di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta, mulai pukul 17.00 hingga 19.20 WIB.

Ia menjelaskan, ada tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat. Sidang Isbat diawali dengan Paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama pada pukul 17.00-18.00 WIB, yang akan disiarkan secara langsung.

Baca Juga:  Stok Darah Menipis, PMI Kota Bandung Pastikan Donor Saat Pandemi Aman

Dilanjutkan dengan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama.

Adapun perwakilan Ormas Islam dapat mengikuti melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul18.20 WIB.

Baca Juga:  Marak Beredar Jelang Ramadan, BI Minta Masyarakat Waspada Uang Palsu

“Seperti biasa, prosesi sidang ini akan berlangsung secara tertutup,” kata Kamaruddin.

Terakhir, hasil sidang isbat akan diumumkan melalui Telekonferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1441 H/2020 M pada pukul 19.05 WIB-selesai, yang akan disiarkan secara langsung. (Red)