Sidang Isbat: 1 Ramadhan Jatuh pada Jumat 24 April 2020

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Agama telah selesai menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1441 H. Hasilnya, menetapkan Ramadhan 2020 dimulai pada Jumat, 24 April 2020.

“Kami mentapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers usai sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/4/2020).

Baca Juga:  Pedas! Rizal Ramli Kritik Presiden Jokowi Soal Kenaikan BBM: Tidak Kreatif, Songong Pula

Sidang dilakukan tetap dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19, dengan beberapa tamu undangan tetap secara virtual.

Penetapan awal Ramadhan ini merujuk pada pemantauan hilal atau bulan sabit awal di 81 titik wilayah di Indonesia. Dalam sidang yang dimulai pukul 17.00 WIB, petugas Kemenag di berbagai wilayah melaporkan sudah melihat hilal.

Baca Juga:  Tahun 2020 Status Desa Mandiri di Jawa Barat Bertambah Jadi Sebanyak 270

Dengan penetapan awal Ramadhan, maka Salat Tarawih akan mulai digelar malam ini. Pemerintah mengimbau umat Islam salat Tarawih termasuk ibadah Ramadhan lain digelar di rumah masing-masing, tidak dimasjid untuk mencegah Covid-19.

Baca Juga:  Waspada! Beberapa Wilayah Di Jabar Ini Berpotensi Hujan Juga Petir

Sidang isbat dipimpin Menag didampingi oleh Ketua MUI Abdullah Zaidi, perwakilan ormas-ormas Islam, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto dan pejabat Kemenag lainnya secara tertutup. (Red)