Bukan Uang Tunai, Namun RTM di Bogor dapat Bantuan Beras

JABARNEWS | BOGOR – Sebanyak 702.354 keluarga atau (rumah tangga miskin) RTM bakal mendapatkan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam bentuk paket 30 kilogram beras per keluarga.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan membagikan bantuan sosial tersebut akan dibagi setiap bulannya sebanyak tiga kali.

Baca Juga:  Simak, Ini 4 Aturan Baru Kapolri Soal Satpam

“Bantuan beras itu hanya bersumber dari APBD Kabupaten Bogor yang dialokasikan sekitar Rp188 miliar. Kalau dari APBD kita kan bisa meng-cover 200 ribu RTM,” ujar Syarifah Sofiah.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ipah itu, distribusi beras akan melibatkan TNI dan Polri, dengan harapan pemberian sembako lebih tepat sasaran sesuai nama dan alamat penerima bantuan.

“Untuk bantuan dari provinsi, lewat kantor pos dan ojek online. Kalau dari pusat nih yang kami belum tahu skemanya seperti apa. Kalau yang sudah masuk PKH (DTKS) sudah ada rekeningnya,” terang Ipah.

Baca Juga:  Penguburan Jenazah Covid-19 Ditolak, Din Syamsuddin: Ini Bukan Azab

Ia menyebutkan secara keseluruhan, 117.531 RTM diusulkan untuk menerima bantuan dari Provinsi Jawa Barat, kemudian 122.544 RTM diusulkan ke Kementerian Sosial. Tapi, masih ada 262.322 RTM yang belum terakomodasi dari ketiga sumber bantuan.

“Kita masih cari sumbernya. Kalau tidak ya harus melakukan pergesaran anggaran (parsial III), untuk memenuhi kekurangannya. Tapi, tahap awal kita pastikan dari APBD meng-cover 200 ribu KK dulu,” tuturnya.

Baca Juga:  Kejutan di Panggung Quarter Final Terakhir Indonesia's Got Talent 2023

“Mudah-mudahan adanya bantuan ini mendorong masyarakat di tengah kondisi wabah corona untuk bisa saling tolong menolong, dan dalam ujian ini benar-benar memperkuat dan mempersatukan serta semuanya diberikan kesabaran sehingga bisa melalui ini semua dengan semangat bergotong royong,” tandasnya. (Red)