Dua Stafsus Milenial Mundur, Ini Respon Jokowi

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo menerima keputusan dua staf khusus atau stafsus milenial Adamas Belva Devara dan Andi Taufan Garuda Putra dari jabatan mereka. Jokowi mengaku memahami alasan di balik pengunduran diri tersebut.

“Saya memahami kenapa mereka mundur, Saudara Belva Devara dan Andi Taufan. Mereka anak-anak muda yang brilian, yang cerdas, dan memiliki reputasi serta prestasi yang sangat baik,” kata Jokowi dalam keterangan pers, Jumat, 24 April 2020.

Baca Juga:  Pemerintah Berencana Tak Naikan UMP 2021, Begini Respons Buruh

Keduanya merupakan bagian dari tujuh staf khusus baru dari kalangan milenial yang ditunjuk pada 21 November 2019 lalu dan memiliki sejumlah prestasi di bidangnya. Belva merupakan CEO dan penemu RuangGuru, sedangkan Andi Taufan merupakan CEO PT Amartha Fintek.

Keduanya mengajukan pengunduran diri pada 17 April 2020 lalu. Sebelum mundur, keduanya sempat terjerat kontroversi. Belva dipertanyakan setelah RuangGuru menjadi salah satu mitra pemerintah dalam program Kartu PraKerja. Adapun Andi Taufan sempat meminta maaf saat diketahui bahwa ia menyurati seluruh camat di Indonesia untuk mendukung program Amartha Fintek.

Baca Juga:  Temui Mahasiswa Kalbar, Anggota DPR Bicara Karhutla dan Ibukota Baru

Sejak awal, Jokowi menginginkan adanya anak-anak muda seperti keduanya untuk berkesempatan belajar dan berperan serta dalam pemerintahan dan tata kelola. Meski memahami alasan mundurnya Belva dan Andi, Jokowi menyayangkan hal tersebut. “Sebetulnya saya ingin mereka tahu mengenai pemerintahan dan kebijakan publik,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Berikut Profil Mengenai Dinda Hauw Istri Dari Rey Mbayang

Jokowi menyebut selama menjalankan tugasnya, mereka telah banyak membantu memberikan gagasan inovasi di berbagai sistem pelayanan publik agar menjadi lebih cepat dan efektif. Selain itu, Jokowi turut mendoakan keduanya agar dapat terus meniti kesuksesan di bidang masing-masing yang selama ini mereka geluti.

“Saya meyakini, Inshallah, mereka akan sukses di bidang masing-masing. Belva di bidang pendidikan dan Andi Taufan di bidang tekfin keuangan mikro dan usaha kecil,” kata Jokowi. (Red)