Medco Foundation serta Pesmadai Bersatu Melawan Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Medco Foundation bersama Pesantren Mahasiswa Dai (PESMADAI) menggelar aksi bagi-bagi sembako gratis kepada pengemudi ojol (ojek online) dan sejumlah warga di Jakarta, Depok dan Ciputat Tangerang Selatan.

Aksi ini merupakan gerakan #MedcoPeduliIndonesia dan #PesmadaiPeduliIndonesiaJilid3 setelah sebelumnya pesmadai telah sukses dengan gerakan aksi bagi-bagi rempah dan masker gratis kepada masyarakat.

Gerakan tersebut juga mengkampanyekan masyarakat agar menjaga kesehatan dan meningkatkan daya imun tubuh, serta memberikan spirit optimisme kepada warga untuk melawan Covid-19.

“Gerakan ini sebagai langkah ikhtiar kami untuk membantu meringankan kebutuhan pangan masyarakat selama menghadapi pandemi covid-19, semoga bermanfaat,” kata Andi, selaku Development Program di Medco Foundation, Jum’at (24/4/2020).

Selain itu, gerakan bagi-bagi sembako gratis yang dilakukan pada tanggal 23 dan 24 April 2020, juga memberikan momen haru kepada warga sekitar. Pasalnya sejumlah warga yang berpenghasilan rendah, mengalami kesulitan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan logistik dalam menghadapi wabah corona.

Baca Juga:  Cara Urus Sertifikat Halal Untuk UMKM, Kemenag Beberkan Langkahnya Ini

Seperti yang dikatakan Firdaus, seorang driver ojek online yang mendapatkan sembako gratis.

“Saya sangat berterima kasih kepada Medco Foundation dan Pesmadai yang telah menggelar aksi bagi-bagi sembako gratis. Karena jujur saja, selama ada wabah corona saya menjadi sepi orderan dan pendapat menurun, sehingga kebutuhan pangan keluarga tidak terpenuhi,” ucapnya.

Hal yang lebih miris dirasakan oleh Maya, seorang pemulung jalanan. Sebagai seorang pemulung dirinya hanya bisa apa dalam menghadapi corona, bisa makan sehari saja sudah cukup.

Baca Juga:  Hiswana Migas Nyatakan Tak Ada Kelangkaan LPG di Wilayah Purwakarta

“Dapat sembako seperti ini sangat membantu saya mas,” katanya sambil terisak dan mengusap air mata.

Sementara itu, Ikmal, salah satu santri Pesmadai mengatakan, gerakan Medco Foundation dan Pesmadai peduli ini juga guna meningkatkan jiwa sosial santri untuk turut andil membantu masyarakat dalam menghadapi bencana sosial.

“Sebagai santri, kami ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami ingin mendorong orang lain menciptakan gerakan positif yang sama, agar tidak cemas dan saling menyalahkan dalam menghadapi virus corona. Jika punya kemampuan, buatlah gerakan baru dan saling menguatkan,” ujarnya.

Gerakan bagi-bagi sembako gratis diharapkan menjadi langkah optimisme masyarakat dalam menghadapi Covid-19. Banyak masyarakat yang down secara psikis maupun ekonomi dalam menghadapi pandemi. Sehingga diharapkan gerakan-gerakan solidaritas terus bermunculan untuk meringankan kebutuhan pangan masyarakat ekonomi bawah.

Baca Juga:  WASPADA kabar Hoax Terkait Covid Bertebaran, Ini Penjelasan Kominfo

Direktur Pesmadai, Ahmad Muzakky juga menuturkan bahwa sebagai masyarakat kita harus membuat gerakan-gerakan solidaritas sebagai upaya meringankan beban masyarakat

“Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan untuk membantu saudara-saudara kami yang kesulitan ekonomi. Daripada mengutuk kegelapan, lebih baik kami menyalakan lilin harapan baru. Gerakan ini kecil tapi semoga bisa memancing kelompok lain untuk membuat gerakan solidaritas serupa,” jelasnya.

Semoga kegiatan-kegiatan positif senantiasa tersalurkan kepada masyarakat dalam menghadapi Covid-19. Dan berjuang sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Pemerintah dengan perannya, tenaga medis dengan perannya, dan kita sebagai masyarakat berperan sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan,” ujarnya. (Red)