Faktor Ini Ternyata Bisa BIkin Tak Lolos Pendaftaran Prakerja

JABARNEWS | BANDUNG – Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan dari jumlah target awal 200 ribu peserta, ada 168.111 peserta yang lolos dalam seleksi golambang pertama Program Kartu Prakerja Pemerintah.

Denni Puspa Purbasari mengatakan, jumlah berubah dari target yang ditentukan tersebut diarekan hanya sekitar 168.111 peserta yang terdeteksi lolos dan sisnya mengalami kegagalan alias tidak lolos.

Sebab, ternyata ada sistem mekanisme verifikasi data kembali untuk menyaring 200 ribu orang tersebut agar tepat sasaran.

Baca Juga:  Dukungan Pasangan Beriman Dan Trendi di Pilkada Serdang Bedagai Terus Mengalir

Denni menjelaskan, pertama, pihaknya akan mengecek dahulu terkait NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau nomor telepon. Ini untuk memastikan kembali apakah data terutama NIK sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan pemerintah.

“Verifikasi NIK, apakah NIK itu ada, usia 18 [tahun] tidak. itu verifikasi layer 1,'” kata Denni, beberapa waktu yang lalu.

Kedua, manajemen akan mengecek server kementerian pendidikan mengenai peserta apakah masih kuliah maupun sekolah. Ketiga, mengecek foto selfie dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk memastikan itu benar-benar peserta.

Baca Juga:  Luar Biasa, Potensi Zakat Fitrah Di Bandung Barat Capai Rp 54 Miliar

Ia mengungkapkan kalau mekanisme ini menyaring dari 200 ribu menjadi 168.111 peserta, jadi yang 30 ribu orang gagal ini kebanyakan tidak lolos karena kualitas selfie-nya kurang bagus dan tidak terbaca dalam sistem face recognition (teknologi pengenalan wajah).

“Di sini penting untuk diketahui bisa jadi karena itu cara mengambil selfie-nya kurang tepat misalkan satu blur, yang kedua pakai kacamata, yang ketiga kupingnya nggak kelihatan, yang keempat miring, yang kelima berbayang-bayang atau gelap, keenam pakai topi. Itu kemudian membuat face recognition-nya kurang berhasil,” kata dia.

Baca Juga:  Ketua DPD RI Berikan Masukan untuk Ketua KPU dan Bawaslu

Nantinya peserta yang belum lolos pada tahap ini dapat dengan mudah mendaftar kembali hanya dengan mengunggah ulang foto tanpa perlu memasukkan data dari awal.

“Mohon maaf kami belum bisa menyesuaikan prosedur atau user journey-nya bagi yang tidak lolos di face recognition-nya untuk kemudian diulang prosesnya hanya pada foto, tidak perlu menginput data-data lagi,” jelasnya. (Red)