Inilah Cara Kenalkan Indahnya Ramadhan Pada Buah Hati

JABARNEWS | BANDUNG – Memperkenalkan anak pada ibadah puasa bukanlah hal yang mudah, meskipun anak yang belum baligh tak diwajibkan untuk menjalani puasa dan hukumnya sunnah saat puasa Ramadhan.

Akan tetapi, Bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk mengajarkan anak kebaikan dan keislaman, dan juga orang tua bisa mengajari anak untuk menunaikan puasa sebagai proses pembiasaan diri.

Mengajarkan puasa sejak dini merupakan salah satu tanggung jawab sebagai orangtua, melakukan stimulasi pada anak sejak dini penting dilakukan untuk jadi bekal anak tumbuh dengan karakter positif dalam hal agama.

Sebagai guru pertama anak dalam kehidupannya, kita perlu untuk memahami cara mengajarkan puasa pada anak. Pasalnya, anak-anak terutama balita, cenderung belum memaknai puasa secara menyeluruh.

Baca Juga:  Soal Kabar Lionel Messi Batal ke Indonesia, Erick Thohir Sampaikan Pesan Menohok ke Masyarat: Beda!

Untuk itu, perlu dilakukan beberapa cara agar suasana Ramadhan bagi anak begitu terasa dan mengajarkannya banyak hal. Simak triknya.



Ajak Anak Melakukan Kegiatan yang Berkaitan dengan Ramadhan


Ajak anak untuk melakukan tugas – terutama yang terkait dengan kegiatan Ramadhan. Hal-hal seperti tarawih di malam hari, dan membawa Alquran bersama. Beritahukan pula bahwa besok pagi sebelum subuh harus ikut bangun untuk makan sahur bersama.

Sebagai motivasi untuk mereka, kita dapat memberikan makanan kegemarannya. Beritahukan bahwa makanan itu hanya boleh dimakan sebelum salat subuh. Sehingga ia akan termotivasi untuk ikut makan sahur bersama.

Libatkan Anak Saat Membuat Menu Sahur dan Berbuka

Saat sahur tak jarang anak ikut terbangun di kala ibunya bangun untuk menyiapkan makanan. Biarkan mereka membantu menyiapkan menu sahur dan berbuka.

Baca Juga:  Lestarikan Batik, Ini Yang Dilakukan Pemkab Purwakarta

Ajak mereka berbelanja ke pasar. Diskusikan dengannya tentang apa yang harus dibuat untuk makan sahur dan berbuka. Ketika mulai memasak, berikan beberapa tugas pada anak, sehingga mereka merasa ikut berpartisipasi dalam sahur dan berbuka.

Minta Anak Menceritakan Bulan Ramadhan

Ini adalah cara yang bagus untuk mengajari anak-anak tentang konsep Ramadhan dan bagaimana menjelaskannya kepada orang lain dengan cara mereka yang paling sederhana. Dengan cara ini, orangtua dapat mengukur seberapa dalam pemahaman anak tentang konsep puasa.

Ajak Anak Ketika Bersedekah

Ajaklah anak dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Misalnya seperti, berinfak di masjid, memberikan takjil kepada tetangga, bersedekah dengan orang-orang yang membutuhkan, membagikan sedekah di panti asuhan, ataupun kegiatan sosial lainnya.

Baca Juga:  Mobil Pelat Merah Hantam Pembatas Jalan Tol, Tiga Personel Satpol PP Luka-Luka

Dengan cara demikian, anak akan terbiasa untuk menolong dan membantu mereka yang membutuhkan. Dan anak akan senang dan bangga ketika dia mampu memberi pada orang lain.

Rencanakan Kegiatan Khusus pada Akhir Pekan

Saat akhir pekan ajak kelurga untuk berkumpul dan berbuka di rumah. Buat permainan seperti lomba aza, hafalan surah atau melantunkan salawat.

Menjelang berbuka, orangtua bisa mengajak anak untuk membeli berbagai macam takjil yang dijual di sepanjang jalan. Hal ini akan membuat anak bersemangat untuk menjalani puasa keesokan harinya. (Red)