Baik Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Makan Kurma Saat Buka dan Sahur

JABARNEWS | BANDUNG – Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan. Tak terkecuali konsumsi buah kurma

Rasanya yang manis dan legit membuat kurma menjadi santapam populer saat Bulan Ramadhan. Selain rasanya yang digemari, tenyata kurma juga menyimpan segudang manfaat. yang menjadi makanan ideal untuk sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga:  ‎Majalengka Rawan Bencana, Bupati Minta Masyarakat Waspada

Berikut adalah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan.

Mengandung nutrisi tinggi

Kurma memiliki kalori yang tinggi. Sebagian besar disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang menyusun mayoritas nutrisinya.

Selain karbohidrat, kurma juga memiliki protein dan kaya akan beragam mineral esensial seperti kalium, kalsium, magnesium, tembaga, selenium, zinc, zat besi, serta vitamin B5 dan B6.

Kadar antioksidan tinggi

Antioksidan berperan sebagai pelindung sel dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat memicu reaksi berbahaya dalam tubuh. Konsumsi antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit.

Baca Juga:  Usai Putusan, Polri Segera Sidang Kode Etik Bharada E dan Ricky Rizal

Kurma mengandung tiga antioksidan utama, yaitu flavonoid yang dapat mengurangi inflamasi dan risiko diabetes, karotenoid yang dapat mengurangi risiko penyakit mata, dan asam fenolik yang dapat mencegah risiko penyakit kanker dan kardiovaskuler.

Meningkatkan kesehatan otak

Studi terhadap khasiat kurma mengindikasikan bahwa kurma dapat mengurangi kadar interleukin 6 (IL-6) di otak. IL-6 dalam kadar tinggi diasosiasikan dengan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer atau dementia.

Baca Juga:  Persempit Ruang Gerak Narkoba, Apdesi Purwakarta: Desa Jadi Ujung Tombak

Studi lain pada subjek hewan juga menunjukkan bahwa konsumsi kurma dapat mengurangi aktivitas amyloid beta protein, yang dapat membentuk plak pada otak.

Kurma juga diklaim dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, terutama terkait kandungan mineral kalium, kalsium, dan magnesium, dan berpotensi mencegah osteoporosis. (Red)