Awal Ramadhan Harga Bawang Merah di Cirebon Meroket

JABARNEWS | CIREBON – Di awal bulan Ramadhan 2020, harga sejumlah bahan pangan tercatat mulai merangkak naik. Salah satu bahan pangan yang harganya melambung tinggi adalah bawang merah.

Seperti halnya yang terjadi di pasar tradisional Kota Cirebon, Jawa Barat, mengalami kenaikan yang disebabkan stok terus menipis. Harga bawah merah di Kota Cirebon mencapai Rp56 ribu di mana yang sebelumnya dijual Rp35 ribu per kilogram.

Baca Juga:  Ada Bantuan untuk UMKM dari Facebook, Ini Cara Dapatkannya

“Harga bawang merah per kilogram jadi Rp56 ribu, memang lagi naik,” kata seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Perumnas Kota Cirebon Eni di Cirebon, Minggu (26/4/2020).

Kenaikan harga bawang merah lanjut Eni, disebabkan menipisnya pasokan dari para distributor dan kalaupun ada kualitasnya tidak seperti biasa.

“Bawang merah lagi sulit dicari, ini saja yang saya dapatkan kecil-kecil,” ujarnya.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Cara Pencegahan Covid-19

Sementara itu pedagang lain Mimin mengungkapkan hal yang sama, karena hampir semua para pedagang di pasar mengambil bawang merah di pasar induk yang sama.

“Yang sedang naik harga bawang merah, kalau untuk bawang putih malah stabil,” katanya.

Untuk harga bawang putih kata Mimin, dirinya menjual per kilogram hanya Rp35 ribu, berbeda dengan beberapa bulan lalu yang sempat melonjak sampai Rp65 ribu per kilogram.

Baca Juga:  Seorang Pria Paruh Baya Tewas di Pinggir Jalan Cikoneng-Ciamis

Seorang pembeli Siti (28) menuturkan saat membeli bawang merah ternyata sudah naik, padahal biasanya ketika dia membeli seperempat kilogram hanya Rp6.000 saja, sekarang sudah Rp14.000.

Menurut dia, kenaikan harga dipicu oleh pasokan komoditas yang sedang sulit didapat dari para petani stok barang di berbagai gudang sedang mengalami kekosongan, sehingga harganya melonjak. (Red)