aqua

Kisah Petani Asal Tasikmalaya Bertaruh Nyawa Demi Setetes Madu

Dari satu sarang lebah hutan bisa menghasilkan 16 botol, itupun musimnya hanya 2 Tahun sekali

Petani madu hutan di Tasikmalaya. (Foto: Tony/Jabarnews)

JABARNEWS | TASIKMALAYA - Cerita kisah dibalik pencari lebah hutan (Odeng) di Kabupaten Tasikmalaya ternyata menyisakan cerita yang bernuansa magis dan diluar nalar, tidak hanya sulit dicari, lebah hutan penghasil madu itu hanya berdiam di pohon besar yang cukup tua dan selalu dikeramatkan.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Ujang Dudu (66), usaha mencari sarang lebah hutan sudah ia tekuni sejak Tahun 1969, selama pencarian lebah hutan itu ia mengaku cukup sulit dan mengandung resiko bahaya yang siap datang kapan saja.

Baca Juga:

LBH Ansor Tasikmalaya Akan Perjuangan Nasib Guru Honorer

Kasus Pelecehan Dibawah Umur Menjadi Hal Serius



"Lebah hutan itu hanya bisa ditemukan di pedalaman hutan yang jauh dari pemukiman, maka tidaklah heran jika lebah hutan penghasil madu yang sangat berkualitas itu hanya bersarang di pohon tua yang mempunyai ukuran yang lumayan cukup besar, biasanya pohon itu selalu dihuni mahluk gaib," ujarnya kepada Jabarnews.com, Minggu (26/4/2020).

Pria yang cukup energik meskipun sudah lanjut usia itu mengaku bahwa selama proses pencarian sarang lebah tidaklah mudah dan sembarangan, jika dilakukan oleh orang awam, maka konsekuesinya bisa membahayakan keselamatan jiwanya.

"Jadi resiko bagi orang awam yang mencoba ingin mencari lebah hutan, resikonya dapat tersesat di hutan, dan ketika pulang ke rumah tiba-tiba mendadak sakit demam," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Madu Hutan Petani Madu Kabupaten Tasikmalaya Khasiat Madu Lebah Hutan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

KPAID Prihatin Ada Peristiwa Anak Dibawah Umur Diperkosa Bergantian

KPU Kabupaten Tasik Temukan 1101 Susu Rusak

Antisipati DBD, Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Imbau Warga Lakukan Ini

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi