Sederet Manfaat Olahraga Saat Puasa Ramadhan

JABARNEWS | BANDUNG –  Puasa kali ini agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena bersamaan munculnya wabah pandemi virus corona baru (COVID-19). Sehingga kita pun harus ekstra memperhatikan dan menjaga kebugaran tubuh agar imunitas tetap terjaga.

Salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan senantiasa aktif bergerak dan berolahraga. Tapi olah raga apa yang disarankan saat puasa di tengah pandemi?

Namun, kita juga harus tetap olahraga ringan saat bulan puasa agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga:  Telat Sampaikan Raperda PP APBD 2019, Ini Alasan Walkot Cirebon

Selain menyehatkan tubuh selama bulan yang suci ini, kamu juga mendapatkan manfaat lain. Yakni membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh tetap ideal. Asal, kamu juga memperhatikan asukan makanan saat berbuka maupun sahur.

Dokter Spesialis Kedokteran Olah raga Andhika Raspati ​​​​​menyarankan olah raga yang bisa dilakukan saat puasa di tengah pandemi adalah olahraga yang berintensitas rendah hingga sedang dengan durasi pendek.

“Penelitian memang menunjukan bahwa olah raga dengan intensitas tinggi dan durasi yang panjang dapat menurunkan imunitas,” kata dr Andhika.

Baca Juga:  Liburan Idul Adha Ditengah Pandemi Covid-19, Lokasi Wisata Diserbu Pengunjung

Disarankan, olah raga dilakukan selama 30-45 menit dengan intensitas sedang.

“Pilihan olahraga cardio, bisa sepeda, jalan cepat, jogging santai, senam zumba, dan sebagainya. Tergantung keterlatihan dan kebiasaan orangnya,” kata dia.

Senada dengan dr Andhika, dokter Spesialis Gizi Klinik dr Samuel Oetoro, Sp.GK menyarankan agar kita senantiasa tetap berolahraga meski sedang puasa di tengah pandemi.

“Olahraga cukup paling lama 30 menitan, jenisnya yang ringan, jangan berlebihan karena kalau olahraga intensitas tinggi justru akan menurunkan daya tahan tubuh,” kata dia.

Baca Juga:  Masih Penasaran? Ternyata Ini Isi Pertemuan Presiden Jokowi dengan Zelensky hingga Putin

Disarankan berolahraga dilakukan 30 menit jelang berbuka puasa agar tubuh segar.

Olahraga bukanlah pantangan dalam puasa. Justru dengan tetap berolahraga, Anda akan merasa lebih bugar selama berpuasa. Namun, Anda juga harus bisa memahami kondisi tubuh sendiri. Jika merasa lemas atau pusing, jangan memaksakan diri, karena ini bisa menandakan tubuh Anda sedang mengalami hipoglikemia (gula darah rendah) atau dehidrasi. (Red)