Nasib Kebun Binatang Saat Pandemi Corona Melanda

Berdasarkan data PKBSI kemampuan bertahan untuk pemberian pakan 92,11% kurang dari satu bulan.

Kebun Binatang Bandung. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pariwisata sangat terdampak dari adanya wabah virus corona. Salah satunya adalah tempat wisata seperti kebun binatang yang semakin tidak ada pengunjungnya.

Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) mengungkapkan bahwa keberadaan kebun binatang (KB) tengah mati suri sejak pandemi Corona atau COVID-19 merebak. Dari 60 anggota PKBSI (Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia) di lingkup Kebun Binatang (KB), sudah tutup sejak pertengahan Maret 2020.

Baca Juga:

Libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung Hadirkan Wahana Baru

Macan Tutul yang Masuk Pemukiman Warga Akan Dipindah Ke Sukabumi



Humas dan promosi PKBSI Sulhan Syafi’i dalam keterangannya mengatakan hal ini menjadi dilema, karena berbuntut pada menipisnya pakan untuk keberlangsungan hidup satwa di dalamnya. Berdasarkan data PKBSI kemampuan bertahan untuk pemberian pakan 92,11% kurang dari satu bulan.

Rinciannya, Kebun Binatang yang mampu bertahan menyediakan pakan selama jangka waktu 1- 3 bulan sebanyak 5,26%. Dan Kebun Binatang yang mampu menyediakan pakan lebih dari 3 bulan hanya berkisar 2,63%.

“Artinya, 90% anggota PKBSI hanya bisa bertahan dalam satu bulan. Salah satu prioritas mendesak bagi kelangsungan hidup KB, khususnya kesehatan dan kesejahteran satwa koleksinya adalah penguatan ketahanan pakan,” ujar Sulhan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kebun Binatang Pandemi Corona Covid-19 PKBSI Pakan Satwa Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Antisipasi COVID-19, Imigrasi Sukabumi Panggil Perusahaan Jasa TKA

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi