Ingin Bisa Rutin Baca Al Quran, Coba Cara ini

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan Ramadhan telah tiba. Meski sedikit berbeda dengan Ramadhan tahun lalu akibat pandemi virus corona (Covid-19), ibadah selama bulan puasa ini tak boleh mengendur.

Di tengah keterbatasan karena tak bisa buka puasa bersama atau ngabuburit, kamu bisa mempunyai waktu banyak berkumpul dengan keluarga.

Ramadhan yang serba prihatin itu bukan penghalang untuk terus mendapatkan limpahan rahmat dan berkah selama Ramadhan. Amalan-amalan penting lainnya masih tetap berjalan. Contohnya saja dengan membaca Al Quran.

Jika biasanya dilakukan dengan tadarus di masjid-masjid, namun kini kamu dapat menggantinya dengan memperbanyak membaca Al Quran di rumah.

Bagaimana agar kita bisa terus terikat dengan Al Quran selama bulan Ramadhan ini?

Baca Juga:  Hari Ke-5 Penyekatan, Polresta Cirebon Putar Balik 6000 Kendaraan Mudik

Simak ulasannya berikut ini.

Jika ganjaran membaca Al Quran pada hari-hari biasanya adalah mendapatkan sepuluh pahala disetiap hurufnya, bayangkan jika membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Ganjaran pahala berlipat ganda akan didapatkan.

Seseorang yang membaca Al Quran secara terampil tentunya mendapatkan pahala besar dengan memadukan keindahan bacaan Al Quran dengan suara merdunya.

Namun ganjaran berlipat ganda juga didapatkan bagi mereka yang sedang dalam tahap belajar membaca Al Quran. Mereka akan mendapatkan dua ganjaran pahala sekaligus yaitu ganjaran membaca Al Quran dan ganjaran karena kesabaran dan ketekunan dalam membaca Al Quran.

Bagi kamu khususnya wanita yang biasanya mendapatkan halangan setiap bulan, membaca Al Quran mungkin sulit dilakukan. Namun kamu tetap mendapat pahala dari membaca Al Quran dengan mendengarkannya.

Baca Juga:  Truk Pengangkut Roti Tabrak Truk di Tol Cipularang, Dua Tewas dan Begini Kondisi Sopirnya

Jika biasanya selama Ramadhan banyak terdengar alunan bacaan ayat-ayat suci Al Quran baik di masjid atau mushola, namun untuk saat ini semua itu harus dilakukan dirumah.

Kamu dapat memutarnya diplaylist dalam smartphone atau laptop kamu. Ini merupakan cara terbaik untuk mendengarkan Al Quran terutama selama pandemi wabah covid-19.

Selama bulan Ramadhan, mencoba menghapalkan ayat-ayat suci Al Quran dapat membantu kamu mendapatkan ketenangan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keberkahan didalamnya.

Kamu juga dapat mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan menghapalkan ayat-ayat dalam Al Quran. Dengan cara ini juga dapat membantu kamu untuk terus istiqomah dalam membaca Al Quran selama Ramadhan.

Baca Juga:  Tampil Cantik Tanpa Keluar Banyak Duit, Warga Serbu Toko Perhiasan Imitasi

Merenungkan isi Al Quran berarti berupaya untuk memahami setiap makna dalam AL Quran dan mencoba untuk mereflekasikannya didalam kehidupan.

Menerapkan kandungan dalam AL Quran adalah bagian akhir yang harus dilakukan. Bukannya hanya sekedar membaca atau menghapalkan semata. Namun diimbangi dengan upaya untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, selalu sisihkan waktu untuk dekat dengan Al Quran. Selain adanya beribu keberkahan didalamnya, ganjaran pahala berlipat ganda, tentu bukan sesuatu yang ingin kamu lewatkan. (Red)

Sumber: aboutislam.net