Berikut Ini Menu Sahur Sehat Yang Bisa Diterapkan Sebulan Penuh

JABARNEWS | BANDUNG – Memilih menu makanan sahur sangat penting bagi mereka yang menjalani puasa. Memilih makanan yang tepat adalah kunci agar puasa Anda lancar.

Jika asal memilih menu, risikonya mudah lemas dan ngantuk. Tentu ini akan mengganggu aktivitas Anda, bukan? Anda harus tahu juga panduan puasa yang baik.

Menyiapkan makan sahur di pagi buta memang sebuah tantangan bagi para ibu rumah tangga. Bukan tidak mungkin ibu menyiapkan menu sahur yang sehat bagi keluarga. Memang banyak tersedia makanan instan yang cepat disajikan, namun kandungan nutrisi perlu dipertanyakan.

Pentingnya sahur saat puasa karena bisa memberi Anda tenaga, sebagai sumber energi utama untuk tubuh selama puasa, terutama jika makanannya mengandung kaya karbohidrat yang diserap perlahan-lahan.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Minta Relawannya Tidak Sebar Hoaks, Ini Isi Peringatannya

Kemudian sahur juga membuat puasa lebih mudah dan melancarkan aktivitas, terhindar dari mual dan sakit kepala selama puasa dengan mengatur tingkat gula dalam darah, dan juga mengurangi rasa haus di siang hari serta melancarkan pencernaan.

Selama menjalani puasa, tubuh harus dibekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral, berikut merupakan pilihan menu sahur sehat yang bisa Anda terapkan selama puasa sebulan penuh:

Minum air

Awali sahur dengan meminum segelas air putih. Imi akan memberika cadangan cairan karena tubuh akan kehilangan banyak cairan selama berpuasa.

Baca Juga:  Syaiful Huda Dukung Alat Musik Sunda Ini Masuk Warisan Budaya Dunia

Konsumsi buah-buahan

Sebelum menyantap makanan berat seperti nasi, konsumsilah buah-buahan. Selain mengandung antioksidan, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat melancarkan pencernaan.

Konsumsi makanan mengandung zat besi

Fungsinya adalah untuk mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh. Selama berpuasa, kadar zat besi di dalam tubuh akan menyusut karena berkurangnya sel darah dalam tubuh. Dampaknya akan cepat lemas dan mengantuk dan untuk mencukupi kadar zat besi, konsumsilah daging merah, telur, ikan, sayur, kacang-kacangan.

Karbohidrat kompleks

Konsumsi karbohidrat kompleks yang berfungsi mengontrol kadar gula darah selama berbuasa. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi putih dan roti gandum. Hindarilah makanan terlalu manis karena akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga akan merasa cepat lapar.

Baca Juga:  BLK Disnakertrans Karawang Disulap Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Lauk-pauk

Lauk yang kaya akan protein seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, daging dan ikan. Ini akan memberikan variasi menu setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi telur, roti gandum, dan sayuran rebus.

Hindari makanan digoreng

Penting untuk dicatat, mindari menggoreng makanan untuk sahur. Makanan yang digoreng akan mengurangi ikatan oksigen hingga 20 persen yang akan menimbulkan rasa kantuk seharian.

Magnesium dan potassium

Lengkapi santap sahur Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan potassium, yang terkandung di dalam pisang, almond, dan jeruk. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari. (Red)