Puasa Bisa Bikin Kulit Awet Muda? Ini Penjelasnnya

JABARNEWS | BANDUNG – Berpuasa ternyata dapat mendatangkan berbagai keuntungan. Salah satunya untuk detoksasi tubuh, hingga membuat kulit bersinar dan lebih awet muda.

Secara sederhana, puasa dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, risiko penyakit, memberikan lebih banyak energi, bahkan memperlambat penuaan kulit.

Melansir dari beberapa sumber, Senin (27/4/2020), puasa memang dapat memacu produksi senyawa antioksidan yang dikenal dapat mengurangi penuaan dan kerutan pada kulit. Namun, puasa juga harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan bergizi yang cukup untuk menyehatkan tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Baca Juga:  Wah! FPI Ogah Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024, Ternyata Gara-gara Ini

Selain itu, puas bisa memerangi bakteri jahat di usus yang bermanfaat untuk mengantisipasi peradangan hingga menyebabkan munculnya jerawat dan eksim.

Akar penyebab jerawat adalah peradangan pada tubuh, sehingga solusi terbaiknya adalah meningkatkan kesehatan usus dan mengembalikan keseimbangan microbiome.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Minta Maaf atas Kasus Ferdy Sambo dan Tragedi Kanjuruhan, Ada Apa?

Baik pria maupun perempuan cenderung mengalami masalah kulit karena depresi dan puasa juga dapat membantumu mengontrol emosi.

Sementara itu, Dokter spesialis kulit dari Bamed Skin Care, dr. Ika Anggraini menjelaskan puasa bisa membuat kulit lebih bersinar dan awet muda asalkan saat sahur dan berbuka nutrisi terpenuhi.

Baca Juga:  Sekolah Tatap Muka di Cilamaya Wetan Berlanjut, Ini Kata Korwilcamdik

Selain itu saat sahur dan berbuka juga pastikan banyak air putih dan kalori karena kandungan bisa membuat pertahanan pada kulit sehingga kulit lebih cerah.

“Kalau kita sahur itu minum air putih dan konsumsi kalori yang bisa mengandung lemak liquid, itu bisa diubah jadi liquid barier, itu yang bikin kulitnya jadi lebih cerah,” kata dr. Ika. (Red)