Inilah Sektor Bisnis Menjanjikan yang Bikin Untung Karena Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Merebaknya virus corona atau Covid-19 memukul berbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Terlebih adanya himbauan pemerintah untukberada dalam rumah saat pandemi corona.

Namun ada juga sektor yang bisa meraup untung yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat di rumah karena kebijakan social distancing, work and school from home. Sektor tersebut adalah perdagangan elektronik atau e-commerce.

Salah satu yang menangguk peluang besar di era pandemi itu adalah sektor-sektor bisnis terkait daring atau online dan teknologi informasi atau dikenal juga sebagai IT.

Pengamat kebijakan dan komunikasi strategis dari Universitas Daegu, Korea Selatan, Prof. Gil H. Park menilai aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring (online) akan memainkan peranan lebih penting dalam kondisi pasca pandemi COVID-19.

Menurut dia pandemi ini bukan hanya sekedar ancaman namun peluang bagi sektor jasa agar lebih beradaptasi dan bertransformasi di sektor perekonomian, dan pemerintah perlu lebih banyak membantu aktivitas bisnis serta perekonomian berbasis teknologi informasi.

Baca Juga:  Ruang Kelas Rusak Di SMPN 7 Purwakarta Belum Juga Diperbaiki

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring (online) akan memainkan peran lebih penting pada waktu mendatang.

Pendapat senada juga datang dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi yang mengatakan bahwa bisnis-bisnis online, khususnya yang berada di Korea Selatan, akan booming atau peningkatan.

Menurut Umar Hadi, pasca krisis pandemi yang melanda seluruh dunia bisnis-bisnis online akan mengalami momen-momen sangat menguntungkan.

Lalu bisnis-bisnis online apa saja yang akan melesat dan faktor apa yang menyokong pertumbuhan bisnis yang diperkirakan akan semakin besar usai pandemi Covid-19?

Dari e-commerce hingga edutech

Banyaknya sektor di bisnis online, membuat pelaku usaha yang ingin berinvestasi perlu menerka-menerka bisnis-bisnis online apa saja yang menangguk untuk di era COVID-19.

Wiraswasta sekaligus pendiri platform startup Bahaso, Tyovan Ari Widagdo menilai terdapat beberapa sektor bisnis startup yang berpeluang populer dan menguntungkan di era pandemi saat ini, seperti e-commerce, edutech dan kesehatan.

Baca Juga:  Tegas! Polisi Ancam Pidanakan Massa Aksi Nekat Gelar Reuni 212

Menurut Tyovan, sektor-sektor bisnis startup yang justru karena pandemi ini mengalami kenaikan bisnis yang signifkan dimana platform-platform kesehatan online seperti, Halodoc menjadi populer karena membantu publik yang hanya ingin mengonsultasikan dan diagnosis kesehatan secara online.

Bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi di masa pandemi ini, mengingat masyarakat takut berbelanja secara langsung sehingga untuk pembelian beberapa kebutuhan dilakukan secara online melalui platform-platform e-commerce.

Selain platform-platform bisnis e-commerce nasional yang sudah mapan, saat ini juga bermunculan platform-platform e-commerce lokal terutama untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pokok. Anak-anak muda di beberapa kota membuat platform-platform e-commerce lokal untuk membantu proses pembelian barang dari konsumen ke pasar.

Berikutnya ada bisnis startup Collaboration Tools seperti aplikasi Zoom dan GotoMeeting yang menjadi populer di era pandemi COVID-19. Peluang di sektor ini diambil oleh perusahaan-perusahaan asing mengingat di Indonesia sendiri masih sedikit atau bahkan tidak pelaku yang memanfaatkan peluang di bisnis startup Collaboration Tools.

Baca Juga:  Rupiah Hari Ini Menguat 15 Poin Jadi Rp14.755 Per USD

Ia melanjutkan penyebaran covid-19 juga memberikan peluang besar bagi pembelajaran online dan layanan farmasi online. Dua sektor tersebut memiliki pangsa pasar kecil sebelum kemunculan pandemi, seperti Ruang Guru dan Halodoc.

“Setelah covid-19, tiba-tiba pasarnya menjadi masif, bahkan bukan tidak mungkin Ruang Guru dan Halodoc bisa menjadi next unicorn, karena mendapatkan keuntungan luar biasa,” terang Tyovan.

Tyovan mengatakan bahwa para pelajar saat ini juga sudah tidak mungkin belajar di sekolah akibat pandemi sehingga mereka belajar di rumahnya masing-masing secara daring.

Popularitas sektor edutech tidak akan berhenti di era pandemi, mengingat bisnis di industri ini akan terus berkembang dalam kondisi pandemi di mana masyarakat dipaksa untuk berinteraksi dengan teknologi.

Di samping itu kemudian bisnis startup lainnya yang ketiban hoki di era Covid-19 adalah sektor sektor agrikultur seperti platform TaniHub juga menjadi populer. (Red)