Pemkot Bekasi Terima Bantuan Ribuan Rapid Test Kit dari Menhan Prabowo

JABARNEWS | BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi menerima bantuan Rapid Test Kit dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membantu mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Bantuan sebanyak 5.000 Rapid Test Kit Covid-19 dari Kementerian Pertahanan tersebut diserahkan Menhan Prabowo Subianto kepada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Kantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (28/4/2020)

“Bantuan rapid test kit tersebut adalah bagian dari upaya Kemenhan untuk ikut serta secara aktif dalam kampanye melawan COVID-19,” ujar Prabowo.

Menhan Prbowo menambahkan sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia, upaya Kemenhan ini dilakukan dengan mengalihkan atau merealokasi anggaran untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19.

Prabowo menyebutkan Kota Bekasi sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota merupakan wilayah yang memiliki nilai strategis. Selain Kota Bekasi, Kemenhan juga berencana membantu daerah-daerah lainnya.

Baca Juga:  Soal Hoaks 150 Pemain akan Dinaturalisasi, Erick Thohir: Fitnah! Tidak Masuk Akal

“Dengan bersama-sama kita juga ingin terjun di daerah-daerah yang penting, untuk ikut serta bersama lembaga-lembaga lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa wabah COVID-19 adalah ancaman yang sangat berbahaya, bukan saja kepada bangsa dan negara Indonesia, tapi seluruh umat manusia.

“Ini sebetulnya adalah perang, perang melawan musuh yang tidak kelihatan, perang terhadap musuh yang tidak punya ideologi, tidak punya agenda lain selain mengancam keselamatan manusia,” ungkap Menhan.

Dengan upaya-upaya yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh bangsa Indonesia, Menhan menyampaikan optimismenya bahwa bangsa Indonesia akan mampu menghadapi dan melewati wabah COVID-19, tentu dengan catatan bahwa semua pihak harus selalu disiplin dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah diberikan oleh pemerintah berdasarkan saran-saran para pakar kesehatan dunia dan pakar terbaik kesehatan di Indonesia.

Baca Juga:  Tambah Lagi, PNS Positif Covid-19 di Pemkab Bandung Barat Jadi 17 Orang

“Pemerintah telah bekerja keras, tetapi sebetulnya seluruh bangsa juga harus saling bahu-membahu, yang kuat harus bantu yang lemah, kita bersatu semuanya, kita percaya kita bisa mengatasi masalah ini,” kata Menhan.

Sementara itu, atas nama seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menhan Prabowo Subianto dan jajaran Kemenhan yang telah memberikan bantuan sebanyak 5.000 “rapid test kit”.

Dengan adanya bantuan “rapid test kit” dari Kemenhan itu, kata dia, tentunya akan sangat membantu Pemkot Bekasi dalam memetakan dan mengidentifikasi 56 kelurahan di wilayah Kota Bekasi yang “full” sudah zona merah.

“5.000 ‘rapid test kid’ yang diberikan oleh Kemenhan ini menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang di garis depan yang seperti Menhan sampaikan, berjuang dalam menghadapi musuh yang tidak kelihatan bentuknya,” katanya.

Baca Juga:  Survei LSI 2023: Prabowo Subianto Vs Ganjar Pranowo, Siapa Pemenangnya?

Di wilayah Kota Bekasi dengan total jumlah penduduk 2,4 juta orang, Rahmat menyebutkan per Selasa ini sudah ada 232 orang yang dinyatakan positif telah terinfeksi COVID-19, meninggal sebanyak 125 orang, dan yang berhasil sembuh sebanyak 60 orang.

Hadir mendampingi Prabowo, antara lain Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono, Sekjen Kemenhan Laksdya TNI Dr. Agus Setiadji, dan Irjen Kemenhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana.

Acara penyerahan bantuan “rapid test kit” yang dihadiri pula oleh beberapa pejabat Pemkot Bekasi tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah wabah COVID-19, di antaranya “physical distancing” dan pemakaian masker. (Red)