Pemerintah Harus Selamatkan UMKM dari Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Wabah virus corona (Covid-19) menghantam berbagai sendi perekonomian. Penyebaran virus yang mengharuskan aktivitas manusia dilakukan secara social distancing (jarak sosial) dan dalam kadar ekstrem melakukan langkah lockdown akan berdampak pada perlambatan aktivitas ekonomi (supply and demand).

Baca Juga:  Sadis! Tak Terima Ditegur, Anak Kandung Cangkul Kepala Ibunda

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sub-sektor yang harus mendapat perhatian karena peran sentral dalam menopang perekonomian di Indonesia.

“Pemerintah juga harus memperhatikan pelaku UMKM karena mereka pun tak luput dari pandemi Covid-19,” kata anggota DPRD Jabar Irpan Haeroni, Senin (6/4/2020).

Baca Juga:  5 Resep Olahan Selai Kacang Untuk Menu Buka Puasa

Irpan menjelaskan, saat ini gangguan ekonomi hampir terjadi disegala sektor, terutama yang berdampak langsung yaitu sektor UMKM yang mengandalkan pemasukan harian.

“Pendapatan mereka menurun signifikan. Sehingga langkah strategis diperlukan,” jelas Irpan.

Baca Juga:  Awas, Beredar Telur Infertil Di Kota Tasikmalaya

Irpan menuturkan, selain memberikan bantuan secara langsung baik dalam bentuk penambahan modal usaha, jika memungkinkan para pelaku UMKM dilibatkan dalam pembuatan masker dan APD dalam penanganan Covid-19 di daerah masing-masing yang dikoordinir oleh pemerintah daerah setempat. (Adv)