Sebanyak 61 Paramedis RSUD Indramayu Jalani Karantina Covid-19

JABARNEWS | INDRAMAYU – Menyusul seorang perawat di RSUD Indramayu, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19, Enam puluh satu petugas kesehatan di tumah sakit tersebut jalani karantina di salah satu hotel di Kabupaten Indramayu.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, mengatakan kini tengah menanti hasil hasil pemeriksaan swab.

“Kami mengambil kebijakan mengasramakan para tenaga medis dan paramedis RSUD Indramayu di Hotel Wiwi Perkasa,” ujar Deden Bonni Koswara, Selasa (28/4/2020) kemarin.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Desak Pemkab Majalengka Masalah Kekerasan Anak

Penempatan para tenaga kesehatan di hotel itu, diyakinkannya, sebagai bentuk perlindungan dan kenyamanan. Selama di sana, keperluan makan dan minum para tenaga kesehatan dijamin otoritas setempat.

Ke-61 tenaga kesehatan itu sendiri dikarantina setelah berkontak dengan pasien positif kedua di Indramayu. Meski puluhan tenaga kesehatannya dikarantina, dia menjamin, pelayanan di RSUD Indramayu tak terganggu.

“Alhamdulillah tidak terganggu,” cetusnya.

Sementara, pasien positif kedua di Indramayu sendiri diyakinkannya dalam kondisi baik. Pasien laki-laki itu kini sedang menunggu hasil konfirmasi lanjutan dari Labkesda Jawa Barat.

Baca Juga:  Wagub UU Tutup Galian Tanah Merah Jabong Diduga Ilegal

“Kondisi pasien kedua yang sebelumnya terkonfirmasi positiv Covid-19 saat ini baik. Untuk kepulangannya, menunggu hasil konfirmasi lanjutan dari Labkesda Jabar yang sudah dikirim pada 17 April 2020,” ungkapnya.

Lebih jauh Deden menambahkan, dari beberapa kasus di Indramayu, masyarakat harus bisa belajar dan mewaspadai adanya ‘carier’. Carier adalah orang tanpa gejala, tapi sudah membawa virus. Hanya karena kekebalan tubuhnya baik, virus itu belum atau tidak muncul.

“Orang tersebut tampak biasa saja, padahal potensi menularkan virusnya sangat tinggi,” terangnya.

Baca Juga:  Mapag Milangkala Subang

Pihaknya meminta masyarakat yang memiliki saudara atau kerabat di daerah lain, seperti Jakarta, Bandung, atau lainnya, yang sudah masuk daerah transmisi lokal, untuk tidak pulang.

“Bertemu keluarga itu penting, tapi yang terpenting saat ini tidak pulang. Jangan sampai saudara kita yang mudik membawa virus dan menjadi sumber penularan bagi keluarganya di kampung,” katanya.

Masyarakat Indramayu pula diingatkan tetap disiplin dengan rajin cuci tangan, tak bepergian, menjaga jarak, dan harus gunakan masker. (Red)