Inilah Tips Cara Jaga Kesehatan Lambung Saat Berpuasa

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan ini, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Namun ada yang berbeda dengan puasa kali ini, kita akan menjalani puasa ditengah pandemi corona. Maka dari itu penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar badan tetap fit. Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.

Bahkan, penelitian dari dunia kedokteran menyebutkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan menjadikan tubuh manusia lebih sehat.

Selain itu, pada saat kita berpuasa, perubahan yang terjadi adalah pola makan kita berubah menjadi dua kali sehari, dan asupan kalori berkurang. Kondisi tersebut berpengaruh ke sejumlah organ tubuh yang memiliki efek secara langsung yang disebabkan oleh berpuasa, yakni mulut dan lambung sebagai saluran pencernaan.

Beberapa upaya yang perlu dilakukan oleh pasien penderita maag adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Selain itu, beberapa orang juga kerap mengonsumsi buah pisang. Sebenarnya manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Baca Juga:  Siapa Calon yang akan Diusung PKS di Pemilu 2024? Dr. Salim: Tunggu Akhir Tahun Ini

Pisang juga bisa menjadi pilihan buah yang baik dikonsumsi saat puasa. Makan buah pisang saat sahur dapat memberikan tenaga untukmu menjalani kegiatan sepanjang hari. Selain itu, kandungan Kalium pada pisang dapat melindungi sistem pencernaan dan melapisi dinding usus, sehingga meminimalisir terjadinya peradangan dan maag.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit magg yang memutuskan berpuasa, terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan. Tips-tips ini perlu diperhatikan agar pasien dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa menimbulkan keluhan maag yang berarti.

1. Memulai puasa dengan niat yang ikhlas untuk beribadah. Dengan niat yang ikhlas, Insya Allah akan dimudahkan dalam menjalankan ibadah dan lebih mampu mengendalikan emosi yang berujung pada stres yang mampu memicu peningkatan asam lambung.

2. Selalu makan sahur dan sebisa mungkin menghabiskannya. Manfaat dari perilaku ini adalah tubuh masih menyimpan cadangan kalori yang cukup di siang hari saat beraktivitas.

Apabila sahur diawalkan, makanan yang dikonsumsi sudah tercerna sehingga tubuh cenderung kekurangan energi pada saat masih dibutuhkan, dan lambung berada dalam kondisi kosong dalam waktu yang terlalu lama.

Baca Juga:  Dibuang Barcelona, Suarez: Karena Saya Bergaul dengan Messi

3. Beraktivitas fisik secara biasa. Puasa bukan halangan untuk melakukan aktivitas fisik sebagaimana hari biasa. Justru apabila aktivitas fisik dikurangi, maka pasokan darah akan lebih banyak diarahkan ke saluran cerna, sehingga proses pencernaan terjadi lebih cepat. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan bukan hanya bagi penderita maag, tetapi juga semua orang yang berpuasa.

4. Menyegerakan berbuka. Hal ini bertujuan agar tubuh segera mendapatkan asupan kalori setelah seharian beraktivitas. Selain itu, asupan cairan juga dibutuhkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Kondisi kurang cairan/dehidrasi merupakan stress bagi tubuh yang akan memicu peningkatan asam lambung. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, pasien penderita maag perlu segera berbuka ketika waktunya telah tiba.

5. Berbuka dengan makanan yang baik. Pada saat berbuka puasa, pola makan yang dianjurkan adalah memulai buka puasa dengan makanan yang relatif “ringan” dan tidak merangsang lambung. Setelah dalam jangka waktu cukup lama berada dalam kondisi kosong, perlu waktu bagi lambung untuk kembali mulai bekerja.

Baca Juga:  Segini Modal Yang Diperlukan Kalau Mau Jadi Ketum Golkar

Tidak dianjurkan untuk berbuka puasa dengan cara mengonsumsi makanan berat secara sekaligus, atau berbuka dengan mengonsumsi makanan pedas. Konsumsi makanan berat dalam jumlah banyak secara mendadak dapat membuat proses pencernaan tidak berlangsung dengan optimal.

Dan konsumsi makanan yang merangsang lambung, seperti makanan yang terlalu dingin atau panas, dan juga makanan yang pedas/berbumbu tajam, dapat memicu produksi asam lambung yang lebih banyak sehingga berpotensi menimbulkan berbagai keluhan.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para penderita maag agar mampu menjalankan ibadah puasa dengan optimal dan bebas dari keluhan lambung.

Agar tubuh tetap fit saat puasa, kamu bisa beli berbagai macam makanan segar berkualitas dan multivitamin bagi daya tahan tubuh di Shopee Big Ramadhan Sale! Berlangsung mulai dari 6 April hingga 25 Mei, ada segudang promo yang bisa membuat belanja jadi lebih hemat, seperti Gratis Ongkir Xtra, Pasti Diskon 50% dan total THR 10 Milyar dari permainan Shopee Tanam. (Adv)