Gelar Razia Masker, Walkot Sukabumi: Banyak Warga yang Masih Bandel

JABARNEWS | SUKABUMI – Kesadaran warga menggunakan masker di luar rumah masih minim di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Pasalnya masih banyak warga yang masih tidak memperdulikan kesehatannya, masih bandel dan tidak takut akan terpapar virus yang sudah menyebabkan kematian ratusan jiwa di Indonesia.

Tas dasar itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, Jawa Barat, melakukan razia kepada warga yang beraktivitas di luar rumah baik berjalan kaki maupun mengendarai sepeda motor serta mobil yang tidak menggunakan masker.

“Meski tidak ada sanksi khusus hanya sebatas teguran, razia ini tujuannya untuk mengingatkan warga yang beraktivitas di luar rumah agar selalu menggunakan masker demi menjaga kesehatan agar tidak terpapar COVID-19 dan memutus mata rantai virus mematikan ini,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi.

Baca Juga:  Pemda Cianjur Buat Kesepakatan Penegakan Hukum Bersama Kejari

Maka dari itu, Wali Kota Sukabumi yang didampingi Dandim 0607 Sukabumi Letkol (Inf) Danang Prasetyo Wibowo turun langsung untuk menegur siapa pun yang tidak menggunakan masker sekaligus memberikan edukasi kepada warga dan khususnya pedagang agar mematuhi anjuran dan surat edaran terkait upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca Juga:  Karyawan Perlu Tahu, Ini Besaran Pesangon yang Ditetapkan Perppu Cipta Kerja

“Kami sengaja turun langsung ke jalan untuk memantau aktivitas warga yang ternyata masih tetap ramai. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kami dalam menekan jumlah warga yang terinfeksi virus Corona,” tuturnya.

Fahmi mengatakan tanggung jawab, kesadaran serta kepedulian masyarakat sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan tidak ada alasan warga bepergian tanpa menggunakan masker. Tentunya mencegah penularan juga tugas masing-masing individu, jangan sampai kecerobohan dan ketidakpedulian tersebut keluarga serta orang lain ikut menjadi korban akibat tertular COVID-19.

Baca Juga:  BPS Jabar Catat Inflasi Sepanjang Januari 2020, Ini Pemicunya

Dari pantauan di lapangan, lokasi yang menjadi pusat kegiatan razia ini di pusat keramaian dan perdagangan Kota Sukabumi seperti di Jalan Ahmad Yani yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Citamiang dan Cikole.

Selain itu, pantauan di beberapa lokasi khususnya di sekitar pasar tradisional terjadi kemacetan dan kepadatan warga baik yang hilir mudik maupun berbelanja. Mayoritas dari masyarakat tersebut tidak menggunakan masker dan seperti menganggap enteng COVID-19. (Red)