Baznas Ciamis Salurkan Ribuan Paket Sembako Ramadhan

JABARNEWS | CIAMIS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis telah menyalurkan 5500 paket sembako Ramadhan bagi warga miskin dan guru diniyah yang tersebar di 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Pembagian ribuan paket sembako isinya terdapat 5kg beras, makanan kaleng dan 1 liter minyak goreng itu merupakan program prioritas, sejak dimulai Baznas beroperasi di Kabupaten Ciamis,” kata Sekretaris Baznas Kabupaten Ciamis, Kikin Muttaqin, M.Pd, kepada Jabarnews.com, Kamis (30/4/2020).

Ia mengatakan bahwa program paket sembako ramadhan itu bersumber dari infaq reguler yang diperuntukan bagi 10 warga miskin dan 10 guru diniyah yang ada di tiap Desa.

Baca Juga:  Catat! ASN Harus Siap 24 Jam Ditanya Wartawan

Kikin menjelaskan bahwa infaq yang dihimpun dari para muzakki diluar UPZ Desa itu telah dijadikan dana salur Baznas Ciamis, dan infaq reguler itu berbeda dengan infaq dari UPZ Desa.

“Jadi kalau infaq UPZ Desa itu keuangannya akan kembali ke UPZ Desa, sedangkan infaq reguler bersumber dari muzakki umum, munfiq individu/lembaga, termasuk dari para ASN, Agni, maupun masyarakat pada umumnya,” ungkapnya.

Kikin menuturkan bahwa penerima mamfaat sembako ramadhan dari Baznas tersebut merupakan golongan yang tidak menerima bantuan dari pemerintah, yakni PKH, BPNT dan bantuan lainnya, jadi penerima mamfaat bantuan sembako dari Baznas ini orang yang belum tercover dari bantuan pemerintah.

Baca Juga:  BNNK Cianjur Sita 181 Kg Ganja Untuk Pesta Malam Tahun Baru

“Sebelumnya, penerima mamfaat itu telah diusulkan melalui RT/RW hingga diteruskan ke UPZ Desa, oleh sebab itu kami pastikan bantuan sembako itu tepat sasaran, dalam hal ini kami telah mempercayaka UPZ Desa sebagai penyalur sembako tersebut,

Oleh sebab itu diharapkan dengan adanya pelibatan penyaluran UPZ Desa itu, UPZ Desa yang belum aktif menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh, diimbau segera dapat berpartisifasi menghimpun dana zakat, infaq shodaqoh dilingkungan Desanya.

Baca Juga:  Wow.. Lomba RW Siaga di Kota Bekasi Berhadiah Rp1 Miliar

Kikin mengaku bahwa dari 84 UPZ Desa yang aktif sebagiannya ada 15 UPZ Desa yang telah berinisiatif menyalurkan dana pengembaliannya dari baznas untuk kepentingan di wilayah Desa.

“Dengan melakukan pembagian sembako maupun pembagian masker di wilayah lingkungan Desanya, kami pihak Baznas akan terus mendukung, selama input dan outputnya benar dan bisa dipertanggung jawabkan,” ujarnya. (Adv)