Apresiasi Karya, Alterschool Rilis Program Pendidikan Layar Koneksi

JABARNEWS | BANDUNG – Sudah lebih dari satu bulan semenjak kasus pertama Covid-19 diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. hingga kini dampaknya kian meluas ke berbagai sektor, salah satunya pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendukung kebijakan pemerintah daerah untuk meliburkan sekolah karena penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan. Maka hal itulah yang menjadi alasan instansi pendidikan meliburkan sekolah yang diganti dengan belajar di rumah.

Ditengah situasi wabah covid-19 tersebut, Alterschool sebuah platform pelatihan & pendidikan alternatif, tengah merilis program “Layar Koneksi”, yaitu program yang menyediakan lingkungan belajar alternatif bagi para pelaku pendidikan untuk mendorong terjadinya perubahan kultur di masyarakat yang lebih peduli terhadap pendidikan Indonesia.

Baca Juga:  DPM-Desa Jabar Akui Tak Terima Surat Izin Bimtek Kades Sergai

Founder Alterschool, Hadi Miftahul Falah menjelaskan, layar koneksi ini terdiri dari berbagai fitur yaitu layar ekspresi sebagai wadah pertukaran ide dan apresiasi karya.

“Layar interaksi untuk menghubungkan berbagai komunitas yang peduli pendidikan, dan layar aksi sebagai ruang menghimpun fakta dan data agar dapat membantu proses pembelajaran para pelajar,” ujar Hadi dalam rilisnya, Kamis (30/04/2020).

Baca Juga:  Investasi ke Jabar Tertinggi, Ridwan Kamil Ungkap Rahasianya

Ia menjelaskan pProgram ini salah satunya dilatarbelakangi atas fakta bahwa masih banyak pelajar yang tidak merasakan nikmatnya proses belajar dengan baik, baik dalam hal fasilitas yang tidak mumpuni maupun sisi emosional yang tertekan.

“Di masa wabah ini, banyak pelajar yang kesulitan belajar lewat teleconference karena keterbatasan perangkat, jaringan internet, ekonomi, bahkan ada yang merasa stress akibat proses pembelajaran yang sedang ia jalani. Program ini kita luncurkan untuk membantu mereka”. Ucap Hadi.

Program ini terdiri dari 3 instrumen yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa, tenaga pengajar, dan orang tua wali. Layar Ekspresi, Layar Interasi, serta Layar Aksi merupakan ketiga instrumen yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah bagi pelajar dalam berkarya, bercerita, serta memperjuangkan hak-hak pelajar yang selama ini tak bisa didapatkan.

Baca Juga:  Bosan Terkurung dalam Ruang Isolasi, PDP Corona Kabur dari RS Al Ihsan

“Layar ekspresi adalah wadah apresiasi karya anak bangsa melalui web http://alterschool.id dan media sosial @alterschool.id dengan menghimpun setiap karya anak bangsa yang memberi pesan positif penanganan virus covid-19 dan menyebarkan harapan secara kreatif dan inovatif,” ujar Hadi. (Red)