Liga Prancis Resmi Berakhir, PSG Ditunjuk Sebagai Juara

JABARNEWS | BANDUNG – Wabah virus corona yang telah naik tingkat ke pandemik turut berimbas ke kompetisi sepak bola Eropa.

Sejumlah pertandingan harus ditunda, baik liga domestik maupun kancah internasional seperti Liga Champions dan Liga Europa.

Namun berbeda di Liga Prancis musim 2019/20 diputuskan diakhiri lebih awal karena perpanjangan karantina wilayah mencegah memburuknya pandemi COVID-19 di negara tersebut dan Paris Saint-Germain ditunjuk sebagai juara.

Sebelum musim ditangguhkan, PSG sudah mengoleksi 68 poin dengan 11 pertandingan tersisa dan unggul 12 poin atas Marseille yang berada di posisi kedua.

Baca Juga:  Ade Yasin: Kalau Gak Penting Banget Jangan Ke Jakarta

Selain menunjuk PSG sebagai juara Liga Prancis, operator sepak bola Prancis (LFP) juga memutuskan Lorient sebagai jawara dari Ligue 2, demikian lansiran Reuters, Kamis.

“Kami memutuskan ada dua promosi dan dua degradasi,” kata Ketua LGP Didier Quillot.

“Bisa jadi akan ada gugatan, tetapi keputusan kami sudah bulat,” ujarnya menambahkan.

Dengan keputusan tersebut maka Lorient akan promosi ke Ligue 1 bersama RC Lens yang menempati urutan kedua klasemen Ligue 2 sebelum musim ditangguhkan.

Baca Juga:  Manfaatkan Aplikasi, Pemulung Sampah Masuki Era Teknologi 4.0

Sedangkan Amiens dan Toulouse yang berada di dua posisi terbawah klasemen Ligue 1 praktis akan turun kasta untuk musim depan.

Sementara itu, kolumnis ESPN Dale Johnson melaporkan bahwa klasemen terakhir sebelum liga ditangguhkan bakal dianggap sebagai klasemen pemungkas musim 2019/20.

Dengan demikian, maka PSG akan didampingi Marseille langsung ke fase grup Liga Champions 2020/21, sedangkan Rennes sebagai tim peringkat ketiga akan memulai dari fase kualifikasi.

Sedangkan untuk Liga Europa, Lille dan Reims akan langsung tampil di fase grup musim depan dan OGC Nice memulai dari fase kualifikasi.

Baca Juga:  Menkes Sebut 105 Daerah Alami Kenaikan Kasus Covid-19, Varian Baru Ini Dimonitor

Kendati demikian, UEFA masih memberi tenggat waktu hingga 25 Mei untuk semua anggotanya menentukan wakil di kompetisi antarklub Eropa musim depan.

Diketahui, Belanda mengakhiri liga tanpa juara maupun promosi/degradasi karena masih banyak sisa pertandingan yang belum dimainkan. Eredivisie baru menjalani 25 laga dari 34 yang dijadwalkan. Saat kompetisi terhenti, Ajax memimpin klasemen dengan nilai 56 sama dengan AZ Alkmaar, tapi unggul dalam selisih gol. (Red)