aqua

Kena PHK dan Pekerja Lepas Bisa Dapat Insentif Pemerintah

Sederet insentif dari Pemerintah bisa didapatkan.

Ilustrasi- Uang insentif. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pandemi virus corona (COVID-19) memukul seluruh sektor ekonomi hingga mengakibatkan banyak pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menghadapi situasi ini, pemerintah pun menyusun sejumlah insentif demi membantu masyarakat agar tidak semakin terpuruk di tengah pandemi.

Baca Juga:

Berikut Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Pekerja Lepas, Simak

Tunggu Dulu, Lho Kok Ada Situs Pra Kerja Tandingan, Apa Bedanya?



Staf Khusus Kementerian Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah saat ini memiliki serangkaian insentif khusus bagi karyawan termasuk yang kena PHK. Pertama yaitu perluasan insentif pajak seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 44/PMK.03/2020 Tentang Insentif Pajak Untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Untuk karyawan ada pajak ditanggung pemerintah, yang selama ini gaji karyawan katakanlah gaji Rp 10 juta dipotong pajak Rp 500 ribu jadi selama ini take home pay Rp 9,5 juta dengan PMK 44 ini kita akan mendapatkan Rp 10 juta utuh tidak dipotong pajak karena negara yang akan membayar pajak kita,” ungkap Yustinus dalam konferensi pers daring, Jumat (1/5/2020).

Pun jika selama ini pajak tersebut ditanggung perusahaan, maka dengan adanya beleid tersebut, perusahaan juga bisa menikmati keuntungan berupa tambahan likuiditas akibat tak perlu membayar pajak karyawan. Adapun syarat untuk mendapatkan insentif ini yaitu besaran gaji yang diterima karyawan tidak melebihi Rp 200 juta dalam setahun atau sekitar Rp 16 juta per bulan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kena PHK Pekerja Lepas Dapat Insentif Dampak Covid-19 Kementerian Keuangan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Gegara Hal Ini Ratusan Karyawan Di Kota Bekasi Kena PHK

Kabar Baik Di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi