Live Stream Bandung 132 TV


Masker Scuba Jadi Alternatif Saat Corona, Seberapa Efektif?

Di berbagai lapak online, jenis masker yang satu ini memang dijual sangat murah, tidak lebih dari Rp 20 ribu perlembar.

Penjual aneka jenis masker di pinggir jalan. (Foto: Net)

Namun banyak juga yang meragukan efektivitas masker scuba dalam menyaring partikel debu maupun virus Corona. Apalagi, lapisan kain pada masker ini umumnya tidak didobel alias cuma selapis tapi aman nggak ya?

Dikutip dari Sewport, scuba merupakan nama lain untuk neophrene atau polychloroprene, salah satu jenis kain sintetis. Disebut scuba karena cukup populer digunakan sebagai bahan pakaian untuk para penyelam 'scuba'.

Baca Juga:

Terpapar COVID-19, Pengungsi Longsor di Cianjur Meninggal Dunia

Inilah Tiga Manfaat Akar Kelapa Bagi Kesehatan



Termasuk jenis kain double knit yang kuat tetapi cukup ringan. Mirip-mirip dengan spandex atau lycra yang juga banyak dipakai untuk pakaian olahraga.

Untuk keperluan membuat masker, sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Disaster Med Public Health Preparedness menyebut bahan masker bedah paling efektif menangkal partikel berukuran 0,02 mikron.

Masker ini terbuat dari bahan scuba tebal, elastis, lembut dan nyaman dipakai. Bahan dasar masker ini dilengkapi dengan filter berpori yang dapat menahan debu, serbuk sari, asap kendaraan, asap rokok dan tahan air.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Virus Corona Covid-19 Masker Scuba WHO Kementerian Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi