aqua

Pesan Dewan Pers dalam Peringatan World Press Freedom Day

Keberhasilan menanggulangi pandemi Covid-19 ditentukan keberhasilan dalam menangani komunikasi.

Ketua Dewan Pers, Prof Muhammad Nuh (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Peringatan World Press Freedom Day pada 3 Mei 2020 merupakan momentum tepat mengingatkan pentingnya komitmen pers, untuk berkontribusi nyata dalam upaya bersama menanggulangi pandemi Covid-19. 

Memperingati World Press Freedom Day, Dewan Pers menyampaikan pernyataan mengenai beberapa hal. Seperti keberhasilan penanganan Covid-19 yang sangat ditentukan oleh kemampuan dalam menumbuhkan empati dan kedisplinan publik. 

Baca Juga:

Dewan Pers Berharap Agar Pemberitaan Pemilu Berimbang

Dewan Pers: Pemilu 2019 Paling Rumit



Serta memobilisasi sumber daya Bangsa dan Negara dengan pendekatan sistemik dan sistematik. Tanpa itu, dikhawatirkan penanganan Covid-19 akan memerlukan waktu lama. Tingkat mortalitas yang tinggi, menambah persoalan turunan (ikutan) dan biaya sosial-ekonomi semakin tinggi. 

Keberhasilan menanggulangi pandemi Covid-19 ditentukan keberhasilan dalam menangani komunikasi. Masyarakat senantiasa membutuhkan informasi soal pandemi Covid-19 yang dapat menjadi pijakan untuk menilai situasi dan memutuskan tindakan antisipatif.

Dalam konteks ini, pers profesional semestinya berperan. Pers perlu menjembatani proses komunikasi dan arus informasi sehingga masyarakat terhindar dari simpang-siur tentang skala penyebaran virus dan wacana yang asimetris tentang tingkat kegentingan situasi akibat pandemi.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Dewan Pers Muhammad Nuh World Press Freedom Pandemi Corona Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Nama Situs Berita Liputan6.com Dicatut untuk Menyebarkan Hoaks

Sah! Jabarnews.com Diverifikasi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi