Adanya Suara Dentuman Misterius, Ini Penjelasan LIPI

JABARNEWS | BANDUNG – Masyakat di sebagian kawasan DKI Jakarta dan Jawa Barat digegerkan dengan suara dentuman yang terjadi pada Sabtu (11/4/2020), sekitar pukul 02.00 WIB. Ada dugaan jika dentuman tersebut diakibatkan oleh erupsi Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda. Namun, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantahnya.

“Saya kira letusan (gunung Anak Krakatau) tipe ini cukup kecil dan tidak berpotensi menghasilkan energi suara yang besar untuk terdengar hingga jarak jauh,” kata Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI, Dr. Nugroho Dwi Hananto, M.Si. melalui postingan video yang diunggah pada akun Instagram @depok24jam, Sabtu (11/4/2020).

Baca Juga:  Bagi Warga Jabar yang Masih Ragu, Simak Imbauan MUI Ini

Menurut Nugroho, masyarakat yang berada lebih dekat dengan Gunung Anak Krakatau seperti di pesisir selatan Lampung, Cilegon, Carita, dan sekitarnya belum melaporkan adanya dentuman. Laporan terkait dentuman justru disuarakan warga yang berasal dari lokasi yang cukup jauh dari Gunung Anak Krakatau seperti di DKI Jakarta, Depok, atau Bogor.

Baca Juga:  Masyarakat Cinta Rasulullah Gelar Aksi di Gedung Sate, Kecam Penghinaan Nabi

“Dengan fakta tersebut, menurut saya dentuman itu bukan terkait dengan lentusan Gunung Anak Krakatau,” lanjutnya.

Nugroho menduga dentuman terjadi karena faktor lain yang bersifat lokal. Dalam analisisnya, dentuman berasal dari suara petir. Meskipun suara yang terdengar lebih keras dan berulang dibanding biasanya.

Baca Juga:  Ada Kabar Baik Bagi Pekerja Bergaji Di Bawah Rp5 Juta, Simak Ya

Sebagai penutup, diakhir videonya, Nugroho mengimbau masyarakat tidak panik dan menghubung-hubungkan fenomena ini dengan terjadinya letusan gunung api baik dari Anak Gunung Krakatau atau gunung-gunung lainnya di sekitar Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi. (Zal)