Momen Langka! Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kebun Raya Cibodas

JABARNEWS | CIANJUR – Bunga bangkai raksasa atau amorphophallus titanum mekar kembali di Kebun Raya Cibodas yang mereka kelola di Cianjur, Jawa Barat. Hal ini diungkapkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Peneliti Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI, Destri mengatakan mekarnya bunga bangkai tersebut menjadi peristiwa mekar bunga yang keenam dari individu yang sama, yang mekar untuk pertama kalinya pada 2003.

Baca Juga:  Buron Tiga Tahun, Tersangka Korupsi Rp 4,4 Miliar Ditangkap Di Limo Depok

“Bunga ini memiliki tinggi total 352 sentimeter (cm) dan diameter mekar bunga 166 cm,” kata Destri, melalui keterangan pers, Minggu (3/5/2020).

Ia mengatakan peristiwa mekarnya bunga bangkai kali ini, memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan peristiwa mekar bunga pada individu yang lain dan pada individu yang sama.

Baca Juga:  Kang Uu: Bisa Menghadirkan Multiplie Effect Kegiatan Perbankan BJB di Jabar

“Sebelumnya, individu ini terakhir kali mekar pada 2017 lalu,” katanya.

Keunikannya, katanya, adalah bahwa bunga tersebut berbunga tanpa melewati masa dorman.

“Sebelum daun terakhir benar-benar habis membusuk, langsung muncul tunas bunga pada awal tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Simak! Begini Jadwal KRL Jabotedabek Terbaru

Koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas LIPI, katanya, berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

“Dikoleksi oleh mendiang Subekti Purwantoro dan kawan-kawan. Umbinya ditanam di Kebun Raya Cibodas LIPI pada tahun 2000,” tandasnya. (Red)