Dear Kaum Rebahan, Ini Manfaat Tidur Siang Selama Puasa Ramadhan

JABARNEWS | BANDUNG – Ketika anak-anak, Anda mungkin sering diminta untuk tidur siang oleh orangtua. Namun, saat beranjak dewasa kebiasaan tersebut perlahan-lahan hilang. Padahal menurut penelitian, tidur siang tak hanya bermanfaat untuk anak-anak, namun juga bagi orang dewasa.

Selain itu, saat menyambut Ramadan, kita akan bangun lebih awal untuk sahur dan pola makan yang berubah. Jadi wajar bila di siang hari kita mudah mengantuk dan akhirnya memutuskan untuk tidur siang sejenak.

Namun, manfaat tidur saat puasa tidak hanya menghilangkan kantuk. Tidur siang yang singkat saat puasa juga mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Normalnya kamu tidur selama 7-8 jam per hari.

Namun, saat puasa kamu hanya bisa tidur selama 5-6 jam saja karena harus bangun untuk makan sahur. Karena itulah kamu harus menyempatkan tidur siang tidak lebih dari 30 menit setiap harinya saat puasa. Eits, tapi jangan sampai tidur siang terlalu lama ya detikers, karena dapat memberikan efek buruk pada tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat tidur siang saat bulan puasa Ramadhan.

Baca Juga:  Tolak UU Ciptaker, Puluhan Mahasiswa Kembali Unras di DPRD Jabar

1. Menghilangkan rasa lapar

Saat berpuasa, biasanya kamu akan kurang tidur karena harus bangun tidur lebih awal untuk sahur, atau waktu tidur berkurang karena dipergunakan untuk beribadah. Ini tentu bisa bikin perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Peneliti sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan, kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat kamu ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi sinyal saat kenyang).

Rasa lapar yang datang di siang hari adalah hal yang wajar. Ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat kamu lelah dan ingin makan. Tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi ghrelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

2. Memperbaiki mood

Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kamu menjadi lebih mudah lelah dan marah, salah satu manfaat tidur siang saat puasa adalah untuk memperbaiki mood.

Baca Juga:  Komplotan Anak Sekolah Jadi Begal Kini Akhirnya Diringkus Polres Depok

Luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15-30 menit. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, sama seperti tingkat hormon setelah kamu tidur malam yang nyenyak.

3. Mengurangi stres

Saat mengantuk, kadar hormon kortisol akan naik. Hormon ini berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang kamu rasakan juga semakin besar.

Banyak kerugian yang kamu dapatkan pada tubuh saat stres, salah satunya menjadi lebih mudah jatuh sakit. Tidur siang membantu tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian dari Allegheny College, AS, tidur siang singkat saat puasa dapat membantu tubuh mengatasi kondisi kecemasan dan stres.

4. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat tidur siang saat puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi. Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur memperkuat kemampuan daya ingat kamu dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

Baca Juga:  Sering Menyetir di Luar Negeri, Ini Cara Membuat SIM Internasional

Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

5. Menambah tenaga

Puasa mengharuskan kamu menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, atau lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Saat tubuh merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak.

Dengan manfaat tidur siang saat puasa, kamu dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Memang lebih baik tidur siang singkat saja bila mungkin atau ketimbang melakukan hal lainnya yang tidak berguna.

Sistem motorik yang kamu gunakan selama beraktivitas akan kelelahan sehingga bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Tidur siang sebentar saja dapat mengurangi kelelahan motorik ini, kamu pun bisa kembali bersemangat melakukan aktivitas.

Tidur siang sangat baik untuk betul-betul mencukupkan waktu tidur yang baik dan sehat. Itu karena malam banyak dihabiskan untuk menjalankan sunah rasul. (Red)