Warga Manonjaya Masih Enjoy Ngabuburit Di Tengah Pandemi Corona

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Seakan sudah lupa virus corona (Covid-19), warga Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya tetap melaksanakan ngabuburit di sekitar Alun-Alun Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pantauan Jabarnews.com, meskipun terpasang spanduk waspada penularan Covid-19 dan harus menghindarinya, terutama harus memakai masker jika bepergian keluar rumah, namun nyatanya aktifitas ngabuburit warga layak seperti biasanya seolah tidak ada virus corona, bahkan banyak warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Baca Juga:  Soal Pembangunan Rumah Sakit di Daerah Pelosok, Begini Kata Pemkab Garut

Disamping itu, terlihat banyaknya remaja tanggung yang kedapatan nongkrong dengan kondisi tidak memakai masker sambil duduk diatas sebuah sepeda motor yang diparkirnya, sangat disayangkan terlihat mereka nongkrong di depan Markas Koramil 1208 Manonjaya.

Ujo salah satu pedagang di Alun-Alun Manonjaya mengaku mengetahui adanya virus corona, namun pandemi itu seakan hilang dari pikiran demi urusan cari makan untuk menafkahi keluarga.

“Sejak awal puasa, Ujo mengaku jualannya berjalan seperti biasanya, jadi walau pandemi Covid-19, jualan nomber satu, kalau tidak jualan nanti dapat uang untuk menghidupi keluarga darimana,” ujarnya, Minggu Sore, (3/5/2020).

Baca Juga:  Tim Pansel Serahkan Tiga Nama Calon Sekda ke Bima Arya

Sementara, Leni, penggiat Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) mengaku sangat menyayangkan dengan adanya aktifitas warga yang cenderung bergerumul di saat pandemi virus corona.

“Harusnya pihak terkait harus lebih intensif, jadi kalau ada warga yang ngabuburit nongkrong apalagi bergerumul harusnya dibubarkan, kasian kan itu juga demi kebaikan dia juga,” tuturnya.

Baca Juga:  Gemar Berswafoto? Ini Tempat Wisata di Purwakarta Wajib Didatangi

Leni menambahkan jika sekedar beli makanan buat buka boleh saja, tapi itu yang nongkrong seharusnya tidak boleh, apalagi ditambah tidak jaga jarak dan tidak menggunakan masker.

“Jadi seharusnya kalau ada imbauan pemerintah harus selalu jaga jarak dan wajib memakai masker jika bepergian keluar rumah itu harus diterapkan, itu juga kan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Red)