Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Terlemah di Asia

JABARNEWS | BANDUNG – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot hari ini, masih bergerak dekat level Rp 15.400/US$.

Pada Senin (27/4/2020), US$ 1 dibanderol Rp 15.430/US$ di pasar spot. Rupiah melemah 0,52% dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Baca Juga:  Ustadz Abdul Somad Dideportasi Singapura, Abu Janda Kegirangan: Emang Elu Siapa?

kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor menunjukkan angka Rp 15.591. Rupiah melemah 0,24% dibandingkan posisi akhir pekan lalu.

Di ‘arena’ pasar spot, rupiah juga melemah. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 dihargai Rp 15.430 di mana rupiah melemah 0,52%.

Baca Juga:  Ini Alasan Pemerintah Wajibkan Vaksinasi Booster Sebagai Syarat Mudik

Kala pembukaan pasar, rupiah sudah melemah 0,36%. Seiring perjalanan, depresiasi rupiah sedikit lebih dalam.

Patut disayangkan karena depresiasi rupiah terjadi kala sebagian besar mata uang utama Asia justru menguat di hadapan dolar AS. Alhasil, depresiasi 0,52% sudah cukup untuk membuat rupiah menjadi mata uang terlemah di Asia.

Rupiah layak mendapat gelar sebagai penguasa April, karena pada bulan ini mata uang Tanah Air begitu perkasa. Sejak awal April hingga akhir pekan kemarin, apresiasi rupiah di hadapan greenback mencapai 5,83%. (Red)

Baca Juga:  Ini Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Dibawa Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday lawan Curacao