Simak! Manfaat Pentingnya Mengkonsumsi Telur Untuk Jaga Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Telur adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk ditemui di mana-mana. Baik itu telur dari ayam maupun telur bebek. Tapi tahukah Anda? telur yang Anda biasa konsumsi sehari-hari memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang baik untuk tubuh, atau bisa juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

Menjaga asupan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi adalah hal yang harus selalu kita lakukan. Dengan hal itu tubuh kita akan terjaga kesehatannya. Banyak jenis bahan makanan yang dapat memberikan kita asupan nutrisi yang cukup banyak, salah satunya telur.

Telur sering digunakan oleh banyak orang sebagai bahan makanan pokok. Telur dapat kita nikmati dengan cara direbus atau digoreng sesuai selera yang diinginkan.

Telur mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin A dan vitamin B. Selain itu, telur juga mengandung serat, karbohidrat, fosfor, dan juga zat besi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk tidak terlalu mencampurkan berbagai bahan tambahan saat memasak telur, agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Baca Juga:  Ribuan Warga Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Massal

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat dengan mengonsumsi telur. Berikut rangkuman dari berbagai sumber, enam manfaat mengonsumsi telur untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Berat Badan

Memasukkan telur dalam daftar menu diet Anda, dapat membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Dalam satu butir telur mengandung paling tidak 6gr protein dan 70 kalori, yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Selain itu Protein yang terkandung dalam telur juga dapat membantu perut Anda untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan.

2. Meminimalisasi Munculnya Penyakit Jantung

Telur yang Anda masak dengan cara direbus mengandung lemak baik dan juga lemak tak jenuh, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang terjaga dapat mengurangi risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit, khususnya penyakit jantung. Konsumsilah telur rebus yang tidak dicampur dengan apapun saat waktu makan di pagi hari.

Baca Juga:  Enam Penyandang Difabel Dapat SIM D Gratis dari Polresta Cirebon

3. Menambah Energi

Memiliki cadangan energi yang cukup banyak di dalam tubuh akan membantu Anda melewati kegiatan dalam sehari tanpa gangguan yang cukup berarti.

Konsumsilah telur sebelum melakukan kegiatan di luar rumah. Karena telur mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat telur yang sering dicari oleh banyak orang adalah dapat menjaga kesehatan otak. Telur yang dimasak dengan cara direbus mengandung cukup tinggi kolin.

Kolin dikelompokkan bersama vitamin B. Manfaat kolin sendiri adalah dapat menjaga kesehatan otak dengan cara menjaga keadaan sel di dalam otak dan mengatur sistem saraf.

5. Memberi Nutrisi Pada Kulit

Telur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu dalam menyehatkan kulit, hal tersebut karena telur kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga:  Janji Mendikbud, Sederhanakan Kurikulum dan Sistem Tunjangan

Vitamin dalam telur juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kulit akan selalu tampak lebih muda dan jauh dari penuaan dini.

6. Sumber Vitamin D yang Baik

Untuk memiliki keadaan tulang dan gigi yang kuat, kita harus selalu menjaga asupan kalsium dan juga vitamin D dengan teratur. Ada berbagai macam makanan yang dapat memberikan asupan vitamin D, satu di antaranya adalah telur.

Vitamin D dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium yang kita dapat. Sehingga dapat menyehatkan tulang dan gigi, dan menurunkan risiko terkena penyakit tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

Itulah sederet manfaat mengkonsumsi telur itu bisa anda konsumsi atau digunakan dengan cara lain. Maka dari itu, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak hanya untuk hidup sehat. Yang pasti kunci dari semua itu adalah, makan 4 sehat 5 sempurna dan mulai menjalankan gaya hidup sehat. (Red)