Berikut Ini Tips Untuk Hindari Bau Mulut Saat Puasa

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab bau mulut saat puasa bisa jadi masalah sendiri bagi sebagian orang. Bau mulut merupakan masalah umum saat berpuasa. Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kebersihan hingga makanan yang dikonsumsi.

Bau mulut bisa sangat mengganggu, terutama jika sedang beraktivitas bersama orang lain. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab bau mulut. Dengan mengetahui penyebab bau mulut saat puasa, Anda bisa menentukan cara tepat mengatasinya.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi bau mulut. Simak tips berikut ini !

Pertama, Menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan akan gigi dan mulut menjadi kunci utama untuk terhindar dari bau mulut. Secara alami, bakteri bersembunyi di dalam mulut sehingga ketika kebersihan mulut diabaikan, maka bakteri akan semakin banyak. Hal ini memicu mulut mengeluarkan bau tidak sedap.

Baca Juga:  Robert Alberts Sanjung Kuipers Dan Fabiano, Keduanya Bermain Cerdas

Menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur sangat dianjurkan. Luangkan waktu setidaknya dua menit untuk menggosok gigi.

Tak hanya gigi, Anda juga perlu membersihkan bagian lidah. Gunakan pula obat kumur yang tidak mengandung alkohol bila perlu.

Kedua. Minum air putih yang cukup. kondisi mulut yang kering juga menjadi salah satu faktor munculnya bau mulut. Air liur atau saliva menjadi obat kumur alami untuk membersihkan bakteri dalam mulut. Tak heran jika mulut menjadi bau karena kurangnya produksi air liur saat berpuasa.

Sebagai solusinya, berikan asupan cairan, terutama air putih yang cukup, saat sahur dan berbuka puasa. Meminum dua gelas air putih saat sahur dilanjutkan dengan satu gelas ketika waktu berbuka.

Baca Juga:  Pilkada Saat Pandemi, Anggota Komisi V DPRD Jabar Beri Pesan Ini

Menjelang malam, lanjutkan dengan empat gelas air putih. Dengan pembagian segelas sebelum makan, dua gelas setelah makan, dan terakhir segelas sebelum tidur.

Ketiga, asupan buah dan sayur menjadi cara efektif menghilangkan bau mulut selama berpuasa di bulan Ramadhan. Masukkan buah dan sayur dalam menu sahur dan berbuka puasa.

Tak sekedar meringankan rasa lapar pada siang hari dan mencukupi kebutuhan nutrisi, asupan buah dan sayur juga bisa membersihkan plak dan sisa makanan. Antioksidan dalam keduanya juga berkontribusi pada kesehatan gigi dan mulut.

Tetap konsumsi karbohidrat, Jangan hilangkan karbohidrat dalam menu sahur dan berbuka puasa. Karbohidrat menjadi ‘bensin’ untuk tubuh menghasilkan energi dan terhindar dari rasa lemas saat puasa.

Baca Juga:  Akuisisi GIPHY, Facebook Permudah Orang Temukan GIF dan Stiker

Saat tubuh kehilangan karbohidrat, maka keton dalam tubuh akan terlepas dan menimbulkan bau mulut. Maka dari itu, karbohidrat kompleks diperlukan untuk memerangi bau mulut.

Buah pisang menjadi pilihan yang baik untuk sahur untuk tubuh tetap terhidrasi dan mencegah tubuh melepaskan keton.

Terakhir Hindari jenis makan tertentu seperti bawang putih dan bawang bombai mentah masuk sebagai contoh jenis makanan yang perlu dihindari karena menjadi penyebab bau mulut. Bau bawang akan tetap bertahan walaupun Anda sudah menggosok gigi berkali-kali. Alangkah baiknya jika Anda menghindari konsumsi bawang saat sahur.

Cobalah untuk menerapkan langkah atau cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menghindar saat diajak berbicara dengan orang lain dan tetap aman selama berpuasa. (Red)