aqua

Komoditas Bawang Merah Akan Segera Masuki Panen Raya

Terjadi pergeseran musim tanam akibat anomali iklim. Akibatnya jadwal panen raya juga sedikit bergeser

Ilustrasi produksi panen bawang merah. (Foto: Kementan)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pertanian menyatakan bahwa komoditas bawang merah yang kini harganya masih terpantau tinggi, akan segera memasuki panen raya, khususnya di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang menjadi sentra penghasil bawang merah.

Ada pun berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) di Jakarta, Senin, (05/04/2020) harga rata-rata bawang merah nasional hingga Senin (4/5) ini sudah mencapai Rp48.400 per kg. Harga bawang merah termahal terjadi di Provinsi Papua, yakni tembus Rp76.500 per kg.

Baca Juga:

Penatnya Rutinitas Kerja, Inilah yang Bikin Libur Lebih Produktif

Masih Muda Sering Lupa? Inilah Penyebabnya



Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati mengakui pasokan bawang merah ke Jakarta memang relatif berkurang sehingga mengakibatkan tingginya harga. Namun, panen raya akan terjadi pada bulan Mei ini.

"Setidaknya ada 1.600 hektare yang siap dipanen bulan Mei ini. Kalau untuk pasokan menjelang Lebaran aman, bahkan sampai setelah Lebaran nanti karena panen masih terus berlangsung," kata Yulia di Jakarta.

Yulia menjelaskan panen raya di Brebes menjadi mundur karena awal musim hujan yang baru dimulai pada Desember lalu. Petani pun baru melakukan tanam raya pada Maret lalu.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Harga Bawang merah Komoditas Bawang Merah Panen Raya Jabarnews Berita Jawa Barat berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Promosikan Destinasi Wisata, Ambu Anne Ajak Milenial Purwakarta

Wow.. Bogor Akan Bangun Pasar Induk Khusus Petani

Kejari Garut Musnahkan Barang Bukti Kejahatan Tahun 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi