aqua

Mensos Singgung Kepala Daerah dan Dinsos Terkait Data Penerima Bansos

Tidak ingin dianggap selalu melempar ke daerah tetapi sering kali ini jadi masalahnya.

(Tengah) Mensos Juliari Batubara. (Foto: BNPB)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Sosial Juliari Batubara memberikan penjelasan terkait data penerima bantuan sosial yang selama ini kerap mendapatkan sorotan. Dia mengakui terjadi distorsi dalam penyampaian data penerima manfaat dari Dinas Sosial ke Kementerian Sosial.

"Pak kami seringkali tidak ingin dianggap selalu melempar ke daerah tetapi sering kali ini jadi masalahnya. Kepala daerahnya tidak paham soal pendataan di level bawah khususnya Dinas Sosial. Saya berkali-kali menyampaikan bukan untuk membela diri bahwa distorsi itu seringkali terjadi di Dinas Sosial yang terjadi distorsinya," kata dia, dalam rapat bersama Komisi VIII, dilansir dari laman Merdeka.com, Rabu (6/5/2020).

Baca Juga:

Lewat Video Kades Protes ke Presiden hingga Gubernur Jabar

Terkait Pemberian Bansos dari APBD, Ini Kata Mensos



Menurut Mensos, sangat mungkin data yang diterima Kemensos dari Dinas Sosial berbeda dengan data sebenarnya yang disampaikan oleh kepala desa ke Dinas Sosial. Hitung-hitungan politik bisa jadi penyebabnya.

"Distorsi ini terjadi karena mungkin kita sama-sama tahu, kita sama-sama orang politik mungkin ada faktor politiknya, mungkin ada faktor like and dislike antara Dinas Sosial dengan kepala desa yang memberikan data. Ini sangat teknis dan sangat dinamis di lapangan. Kita semua orang politik, kita paham hal-hal seperti ini," ungkap dia.

"Jadi distorsi-distorsi itu terjadi di level bawah sementara kami mendapatkan data full dari Dinas Sosial. Nah apakah data yang dari desa dari kelurahan sama dengan yang dikirimkan Dinas Sosial? Apakah data yang dikirimkan Dinas Sosial untuk daerah ke kami sama? kami tidak tahu. Karena kami terimanya dari Dinas Sosial," imbuhnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Bansos Covid-19 Menteri Sosial Mensos Dinas Sosial Kepala Daerah Data Penerima Penerima Bansos Juliari Batubara Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Peringati Hari Kartini, DWP Disdik Sergai Bagikan Sembako

Atasi Banjir Karawang, Mensos: Harus Ada Solusi Permanen

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi