WFH Gegara Corona, Daerah Ini Angka Kehamilan Melonjak

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Kebijakan Work From Home menjadikan warga untuk berdiam di rumah. Namun ada dampak perihal WFH tersebut, termasuk pada peningkatan angka kehamilan pasangan usia subur di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat sebanyak 3.219 wanita di Kota Santri tersebut diketahui hamil saat masa pandemi corona. Angka ini melonjak hingga 105 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun kemarin. Periode yang dimaksud adalah dari bulan Januari hingga Maret atau per 3 bulan.

Baca Juga:  Kapenrem 063/SGJ Mayor Arh Ismail Berpamitan

“Tahun sebelumnya di tiga bulan pertama, ada 1.500 orang yang hamil. Tahun ini di bulan Januari-Maret, mencapai 3.219 orang dan untuk bulan April dipastikan akan meningkat tetapi sekarang ini masih dihitung setiap Puskesmas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat, Rabu (6/5).

Hal sama diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Yuyun Darmawan.

Baca Juga:  Google Bermurah Hati Buka Layanan Gratis Video Conference Meet

Yuyun menambahkan, kehamilan meningkat pada perempuan yang usia paling muda 20 tahun dan usia paling tua 45 tahun.

Peningkatan angka kehamilan itu merupakan jumlah akumulatif per bulan yang didapatkan dari Puskesmas, rumah sakit bersalin dan bidan-bidan praktik di seluruh wilayah Kota Tasikmalaya.

“Kebanyakan memang kehamilan terjadi pada perempuan di usia muda. Terutama bagi mereka pasangan yang baru-baru ini melangsungkan pernikahan,” tambahnya.

Baca Juga:  Simak, Ini Ciri-ciri Masker Kain dengan SNI

“Para perempuan positif hamil bulan Januari mencapai 1.111 orang; bulan Februari 1.106 orang; dan Maret 1.002 orang dengan jumlah paling banyak di Kecamatan Cibeureum 238 orang, Tamansari 217 orang dan Mangkubumi 244 orang,” kata dia.

Jumlah tersebut masih bisa kembali bertambah karena masa peperangan melawan wabah corona ini masih berlangsung selama beberapa bulan kedepan yang belum diketahui kapan berakhir pastinya. (Red)