Gagal Sahur Karena Sering Kesiangan? Simak Info Penting Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Menjalani santap sahur sebelum berpuasa tentu menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya dengan sahur tubuh akan menyimpan energi sebagai persiapan berpuasa seharian.

Bangun untuk sahur itu jadi hal yang sulit dilakukan, terutama untuk orang-orang yang tidak terbiasa melakukannya. Karena tidak terbiasa, seringkali tragedi kesiangan terjadi dan tidak bisa makan sahur untuk menjalani puasa di hari itu.

Tapi, jangan khawatir hal seperti ini masih bisa diatasi kok. Dikutip dari Gulf News, berikut 4 jurus jitu biar kamu nggak kesiangan lagi saat bangun sahur.

1. Pastinya tidur lebih awal

Satu cara agar bisa bangun saat sahur adalah tidur di waktu yang lebih awal. Jika biasanya kamu tidur pada jam 1-2 pagi, mulai bulan Ramadhan ini coba usahakan tidur pukul 22.00.

Baca Juga:  Sidang Perdana Lucinta Luna Akan Digelar Virtual Pada 27 Mei

Jika kamu tidur di jam 1-2 pagi dan bangun kembali di jam 3, tubuh tidak akan mendapat kesempatan untuk istirahat. Malah akan terasa lelah saat bangun nanti.

Kalau tidur pukul 22.00, tubuh akan diberi kesempatan untuk beristirahat sampai bangun lagi di jam 03.00 nanti untuk sahur. Ini juga dipercaya bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

2. Jangan konsumsi kafein sebelum tidur

Sebagian orang mungkin memang tidak bisa lepas dari minuman yang mengandung kafein, bisa teh ataupun kopi. Apalagi saat bulan puasa ini, mereka hanya bisa mengkonsumsinya setelah berbuka puasa.

Jika mengkonsumsinya sebelum tidur, itu bisa mempengaruhi pola tidur. Meski tidak semua, tapi minuman tersebut bisa memicu rasa gelisah, tidak bisa tidur, dan akhirnya kesiangan untuk sahur.

Baca Juga:  Hanya Menang 3-0 Lawan Timor Leste, Ternyata 8 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19

3. Jangan makan banyak-banyak saat buka puasa

Biasanya saat berbuka puasa banyak orang yang langsung memilih makanan berat atau karbohidrat untuk menghilangkan rasa lapar setelah berpuasa. Sampai-sampai perutnya kekenyangan dan membuat mata mengantuk.

Eits, tapi ini tidak menjamin kamu akan mudah bangun sahur lho. Justru saat tidur dengan perut yang kenyang, durasi tidur akan lebih lama dan lelap daripada saat kondisi perut lapar.

Jadi, akan lebih baik jika makan lebih sedikit asal cukup saat berbuka, dan konsumsi makanan yang sehat dengan jumlah lebih banyak untuk persiapan menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

Baca Juga:  Menaker Ida Tegaskan Gubernur harus Umumkan UMP Paling Lambat 21 November

4. Jangan lupa tetap olahraga teratur

Olahraga memang jadi kegiatan yang punya banyak manfaat, salah satunya bikin tidur lebih baik. Olahraga juga bisa membantu sistem pernapasan lebih lancar, mengurangi berat badan, sehingga kualitas tidur jauh lebih baik.

Selama puasa, kamu bisa berolahraga sebelum dan sesudah berbuka secara konsisten agar tidur jauh lebih tenang. Disarankan, olahraga malam setelah berbuka dilakukan pada pukul 21.00.

Hati-hatilah di minggu awal dan akhir puasa. Karena pada waktu itu kita mulai rawan terlambat bangun. Lakukan beberapa tips di atas untuk mengatasi hal ini.

Bulan puasa adalah bulan ibadah. Agar maksimal, lakukan segala aktivitas Ramadan Anda dengan khusyu’ dan fokus. (Red)