Kemenkeu Tunda Pencairan DAU Kota Cimahi, Ini Sebabnya

Tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 10/KM.7/2020.

JABARNEWS | CIMAHI - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menunda pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Trwiulan II Pemerintah Kota Cimahi. Pasalnya, daerah tersebut dianggap tidak melaporkan penyesuaian anggaran untuk penanganan corona virus disease (covid-19) sesuai ketentuan.

Penundaan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 10/KM.7/2020 tentang Penundaan Penyaluran DAU dan/atau Dana Bagi Hasil (DBH) Terhadap Pemerintah Daerah Yang Tidak Menyampaikan Laporan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

Baca Juga:

Banyak Desakan, WHO Selidiki Awal Mula Covid-19 Yang Meresahkan Dunia

Yana Mulyana Upayakan Ekonomi di Kota Bandung Meningkat



Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi Achmad Nuryawa menjelaskan, penundaan DAU diberikan karena daerah, termasuk Kota Cimahi laporan yang disampaikan seputar penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 sesuai yang diharapkan.

"Kita sudah menyampaikan laporan, tapi mungkin ada poin-poin yang masih bolong-bolong yang belum kita laporkan. Ini tentu saja menjadi perhatian buat daerah untuk fokus ke penganggaran yang lebih akurat," kata Achmad dilansir dari laman pikiran-rakyat.com, Kamis (7/5/2020).

Tidak hanya Kota Cimahi, tercatat ada 19 kabupaten/kota di Jawa Barat yang bernasib serupa. Laporan yang disampaikan 20 pemerintah daerah di Jawa Barat itu belum sesuai ketentuan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kemenkeu Tunda Pencairan Dana Alokasi Umum Pemkot Cimahi Kena Sanksi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Penyanyi Nindy Ayunda Dipanggil Polisi, Ini Sebabnya

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi