Antibodi Virus Corona Sudah Ditemukan

JABARNEWS | BANDUNG – Antibodi Virus Corona akhirnya ditemukan. virus corona Covid-19. Antibodi ini diklaim bisa memblokir infeksi virus corona (Covid-19). Peneliti Utrecht University, Erasmus Medical Centre Belanda dan Harbour BioMed menjadi penemu utama antibodi monoclonal ini.

Antibodi yang bernama 47D11 ini diset bisa merusak protein di tubuh Covid-19. Protein ini lah yang menempel pada sel manusia, kemudian memasukkan materi genetik guna berkembang biak di tubuh inangnya.

Baca Juga:  Viral, Tank Seruduk Gerobak dan Motor di Rajamandala

Ujicoba pada tikus sukses besar. Antibodi ini terbukti mampu mengikat enzim ACE2 yang diidentifikasi sebagai reseptor COVID-19. Tak berselang lama, antibodi ini berhasil menetralkan Covid-19 dalam percobaan pada tikus.

“Penelitian ini dibangun berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh tim kami. Di masa lalu, ini untuk menangkal virus SARS yang muncul pada 2002-2003,” ujar Profesor Berend-Jan Bosch dari Utrecht University yang memimpin penelitian ini, seperti dilansir dari DailyMail, Jumat (8/5/2020).

Baca Juga:  Lagi, Pejabat Kena Corona, Istri Gubernur Maluku Utara Positif Terjangkit

Meski sukses besar, sang professor tetap tak mau gegabah. Ujicoba pada tikus berbeda jauh dengan manusia. Untuk manusia, masih perlu penelitian lebih lanjut Ini untuk menemukan efektivitas dan dosis yang cocok untuk manusia.

Baca Juga:  Ini Penjelasan MA Tolak PK Kasus Baiq Nuril

“Masih banyak pekerjaan yang diperlukan untuk menilai apakah antibodi ini dapat melindungi atau mengurangi keparahan penyakit corona pada manusia,” ujar Jingsong Wang, pendiri dan CEO Harbour BioMed. (Red)