aqua

Penggunaan Anggaran Kemanusiaan Negara untuk Covid-19 Diawasi Kejagung

Berikut instruksi Jaksa Agung.

Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) akan turut mengawasi penggunaan dana kemanusiaan negara yang dialokasikan untuk percepatan penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Termasuk juga hasil hibah pemerintah pusat ke daerah, donasi dari pihak swasta ke pemerintah, hingga realokasi dana.

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan, pemerintah pada dasarnya telah mengeluarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Baca Juga:

Bupati Ciamis: Banyak Aturan Kementerian yang Saling Berlawanan

Kades Korupsi Dana Desa Jangan Langsung Dipidana, Ini Alasan Jaksa Agung



Menurut Burhanuddin, selain mengandung niat baik pemerintah, celah dari Perppu tersebut turut mengundang pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengambil keuntungan menggunakan kebijakan itu.

"Oleh karenanya pelaksanaan Perppu ini harus dilakukan secara profesional dan hati-hati. Karena itu dipandang perlu menggandeng institusi penegak hukum, yang salah satunya Kejaksaan, dalam mengawasi, mendampingi, dan mengamankan kebijakan yang diambil," jelas dia.

Demi mengawal penggunaan Perppu tersebut, lanjut Burhanuddin, pihaknya mengeluarkan sejumlah kebijakan lewat surat instruksi Jaksa Agung yang berkaitan dengan pendampingan realokasi dana, donasi, dan hibah terkait penanganan Covid-19.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Jaksa Agung Kejagung Penggunaan Anggaran Anggaran Covid-19 Diawasi Kejagung Instruksi Jaksa Agung Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

IPW: Novel Adalah Tersangka Kasus Penembakan di Bengkulu

TP4D Dibubarkan Menkopolhukam, Begini Kata Pengamat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi