Nasib Bandung Zoo Ditutup, Rusa Terancam Jadi Pakan Harimau

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi COVID-19 ternyata tidak hanya berdampak pada kehidupan manusia, tapi juga kelangsungan hidup hewan-hewan di kebun binatang.

Seperti Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) yang anggarannya hanya cukup hingga Juli mendatang karena tidak ada kunjungan dari wisatawan. Satwa-satwa yang ada di Bandung Zoo terancam kelaparan saat pandemi corona karena kebun binatang ini ditutup.

Baca Juga:  Dua Pelaku Home Industri Tembakau Sintetis Dibekuk Polisi

Humas Bandung Zoo, Sulhan Syafi’i mengatakan kondisi ini membuat tidak ada pemasukan sama sekali dari penjualan tiket masuk. Sehingga pengelola harus bertahan dengan anggaran yang tersedia dan melakukan penghematan.

Baca Juga:  Kepsek Bareng-bareng Berangkat Ke Jogya, Sekda: Itu Mangkir Tugas

“Termasuk dengan mengurangi jumlah kalori atau kapasitas pakan para satwa, karena anggaran yang tersedia hanya mencukupi hingga 3 bulan kedepan,” jelasnya.

Pengelola Kebun Binatang Bandung mengaku kesulitan mencari dana untuk memberi pakan demi keberlangsungan satwa-satwa yang ada. Pengelola khawatir jika tidak ada bantuan dari pemerintah atau masyarakat.

Baca Juga:  Usai Direshuffle, Mantan Menteri Perdagangan M Luthi Dicecar Pertanyaan di Kejaksaan Agung

Skenario terburuk adalah dengan menjadikan rusa sebagai pakan hewan-hewan karnivora endemik. Seperti Harimau Jawa, Harimau Sumatera dan Macan Tutul.

“Kami perkumpulan kebun binatang Indonesia sudah menyurati presiden untuk meminta bantuan dari pemerintah, semoga skenario terburuk itu tak terjadi,” pungkasnya. (Red)